Yang Perlu Diketahui dari Android Oreo Versi 8.1 - SFMedia

Breaking

Friday, October 27, 2017

Yang Perlu Diketahui dari Android Oreo Versi 8.1

android oreo terbaru, android oreo versi baru, android oreo versi developer, android oreo 8.1
Sistem operasi Android terbaru versi 8.0 atau Android Oreo belum lama dirilis dan baru beberapa perangkat saja yang telah menikmati sistem operasi ini. Sementara itu, versi 8.1 versi developer telah menyambangi beberapa perangkat smartphone premium, sebut saja smartphone buatan Google yaitu Pixel, Pixel XL, Pixel 2, Pixel 2 XL, Nexus 5X dan Nexus 6P. Lantas apa saja perubahan yang terdapat pada Oreo 8.1 ini?

Dark/Light System UI Berdasarkan Wallpaper yang Digunakan
Dari beberapa perubahan di versi terbaru 8.1 ini yang paling jelas terlihat adalah ada sistem UI-nya dimana pada versi terbaru ini tidak lagi menggunakan UI yang sangat dominan warna putihnya di segala aspek termasuk Quick Setting ataupun panel pengaturan tombol volume.
android oreo terbaru, android oreo versi baru, android oreo versi developer, android oreo 8.1
Sumber
Sementara di versi terbaru 8.1, UI-nya memiliki warna atau tampilan yang lebih beragam; dark/light berdasarkan wallpaper yang digunakan. Ketika menggunakan panel Quick Setting misalnya, tampilannya akan menjadi gelap atau terang tergantung wallpaper yang dipakai.

Quick Setting Panel Menjadi Semi Transparan
android oreo terbaru, android oreo versi baru, android oreo versi developer, android oreo 8.1
Sumber
Menu Quick Setting mengalami sedikit perubahan pada tampilan visualnya yang berubah menjadi semi transparan. Panel yang transparan ini memberikan sentuhan yang lebih elegan dan menarik. Tampilan semi transparan ini bahkan membuat pengguna bisa melihat apa yang ada di balik panel Quick Setting tanpa harus menutupnya terlebih dahulu.

Perubahan Tampilan pada Menu Setting
Menu Setting juga mengalami perubahan pada sistem terbaru Android Oreo versi 8.1 ini dengan tampilan yang terlihat cukup berbeda terutama di bagian atas menu Setting. Perubahan ini terdapat pada menu Search, dimana pada versi 8.0 menu ini hanya berupa icon di bagian pojok atas, sementara di versi terbaru 8.1 ini menu Search menjadi sebuah kolom yang ditempatkan di bagian atas. Tentu saja perubahan ini bisa mempermudah pengguna mencari menu yang diinginkannya dengan lebih cepat.

Icon Android Oreo yang Baru
Menu About Phone jika diakses biasanya akan menunjukkan logo sistem operasi yang berjalan pada perangkat tesebut. Logo atau icon ini ternyata juga mendapat perhatian oleh Google, karena pada versi terbaru 8.1 logo atau icon Android Oreo juga mengalami perubahan dariversi sebelumnya. Pada versi terbaru ini logo atau icon Oreo lebih terlihat jelas karena berupa sekeping biskuit Oreo, benar-benar Oreo karena berwarna coklat dengan krim putih. Sementara logo khas Android yaitu robot tercetak di bagian atas.

Menu Power yang Mirip Dengan Pixel 2
Menu power yang digunakan pada smartphone Pixel 2 dan Pixel 2 XL memang menarik dan nampaknya hal itu juga berimbas pada Oreo versi terbaru yang mengadopsi tampilan menu power kedua perangkat tersebut, dengan tampilan dark/light. Dan menu power yang seperti ini memang terlihat lebih atraktif.

Sebenarnya masih terdapat cukup banyak perubahan yang terjadi pada sistem operasi Android Oreo 8.1 yang menggantikan versi 8.0 diantaranya adalah status bar yang lebih membulat yang lebih atraktif, selain itu juga peringatan akan muncul sebelum me-non-aktifkan data seperti yang telah dilakukan oleh Sony. Namun tentunya jika ingin mencoba merasakan Android Oreo versi terbaru 8.1 ini harus memiliki perangkat yang mendukung karena sampai saat ini belum banyak smartphone yang menggunakan Oreo sebagai sistem operasinya.

1 comment: