Tips Memotret Kembang Api Menggunakan Kamera Smartphone - SFMedia

Breaking

Sunday, November 26, 2017

Tips Memotret Kembang Api Menggunakan Kamera Smartphone


Penggunaan kamera dalam sebuah smartphone sudah semakin lazim, bahkan beberapa smartphone dibekali kamera dengan spesifikasi tinggi. Namun nyatanya tidak semua momen bisa diabadikan menggunakan kamera smartphone dengan baik layaknya kamera pro, sebut saja misalnya memotret kembang api. Dengan sedikit pengaturan, memotret kembang api juga bisa dilakukan menggunakan kamera smartphone. Nah, inilah beberapa tips memotret kembang api menggunakan kamera smartphone.

STABIL


Yang perlu diperhatikan pertamakali ketika akan memotret kembang api adalah usahakan agar posisi smartphone stabil. Penggunaan tripod disarankan untuk membuat smartphone stabil. Tempatkan tripod di tempat yang stabil dan rata. Selain penggunaan tripod sebagai alat untuk membuat posisi smartphone tetap stabil, smartphone dengan kamera yang dilengkapi OIS (Optical Image Stabilization) bisa menjadi pilihan yang bagus.

MATIKAN FLASH


Flash seringkali digunakan untuk memotret dalam keadaan yang rendah cahaya, namun untuk memotret kembang api sangat disarankan untuk mematikan flash. Mematikan flash secara efektif membuat langit terlihat lebih bersih sehingga membuat cahaya kembang api menjadi lebih jelas.

MATIKAN DIGITAL ZOOM


Teknologi digital zoom biasa dipakai untuk menangkap objek yang jauh, namun untuk memotret kembang api fitur ini tidak diperlukan, karena akan menurunkan kualitas gambar meskipun gambar menjadi lebih jelas.

MATIKAN FITUR HDR/ AUTO-HDR
Sama seperti fitur-fitur sebelumnya, fitur HDR atau Auto-HDR lebih baik juga dimatikan jika ingin memotret kembang api. Menghidupkan fitur ini memungkinkan gambar yang tertangkap menjadi lebih blur.

ATUR ISO
Beberapa kamera smartphone sudah dilengkapi dengan fitur Pro yang memungkinkan pengguna mengatur beberapa pengaturan kamera layaknya kamera pro. Untuk memotret kembang api, atur ISO ke angka yang lebih rendah. Menaikkan angka ISO memang bisa meningkatkan detail gambar dalam gelap, tetapi untuk kembang api akan lebih baik jika cahayanya tertangkap dengan baik. ISO yang rendah juga mengurangi kemungkinan terjadinya overexposured.

ATUR APERTURE
Atur aperture untuk memungkinkan mengatur cahaya yang masuk ke kamera.

GUNAKAN FITUR BURST MODE
Burst Mode bisa dihidupkan untuk menangkap beberapa gambar sekaligus. Hal ini tentunya akan sangat membantu memilih gambar mana yang paling baik dan menghapus sisa gambar yang kurang baik. (image: Samsung)

No comments:

Post a Comment