MIUI 9 Diluncurkan, Apa yang Baru? - SFMedia

Breaking

Monday, November 27, 2017

MIUI 9 Diluncurkan, Apa yang Baru?


Di Indonesia, smartphone Xiaomi merupakan salah satu merk smartphone yang memiliki banyak penggemar. Dengan mengusung spesifikasi tinggi namun dibandrol dengan harga yang sesuai dengan rata-rata kantong orang Indonesia membuat Xiaomi dengan cepat merebut hati para pengguna smartphone. 

Fokus utama Xiaomi dalam mengembangkan MIUI 9 ini adalah aplikasi yang berjalan lancar dan cepat serta user interface yang lebih smooth. 

Seiring dengan populernya smartphone Xiaomi ini tentunya UI (User Interface) mereka yang bernama MIUI juga menjadi populer. UI ini disebut sebagai salah satu yang terbaik karena Xiaomi menambahkan beberapa fitur yang membuatnya berbeda dengan UI kebanyakan. MIUI pertama kali diperkenalkan pada perangkat pertama mereka yaitu Mi 2 pada tahun 2012. Sejak itu MIUI terus berkembang dan menjadi salah satu yang terbaik. Kini, menjelang akhir tahun 2017, Xiaomi meluncurkan MIUI 9 yang membawa berbagai pembaruan. 


Saat ini, pengguna MIUI melebihi angka 280 juta, tersedia dalam 56 bahasa dari 220 negara yang berbeda. Tentunya angka tersebut sangat fantastis jika mengingat pertama kali MIUI diperkenalkan melalui smartphone mereka Mi 2 yang saat itu masih menggunakan sistem operasi Android 2.2 Froyo.

Lalu, apa saja yang baru di MIUI 9 ini?

Fokus utama Xiaomi dalam mengembangkan MIUI 9 ini adalah aplikasi yang berjalan lancar dan cepat serta user interface yang lebih smooth. 

MIUI 9 merupakan pembaruan dari seri sebelumnya, dimana versi kesembilan ini memiliki alokasi sumber daya dinamis yang akan memprioritaskan sumber daya yang dibutuhkan oleh aplikasi yang sedang digunakan. 

Xiaomi kini juga tengah mengembangkan teknologi Artificial Intelligence (AI) melalui Smart Assistance dengan perintah "find anything and everything." Untuk mengakses perintah ini cukup menyapu layar utama ke kanan yang akan memunculkan menu search, information cards, dan customizable widgets. Perintah ini bisa digunakan untuk mengakses notes, jadwal, pengingat, serta memunculkan apa yang relevan dengan pengguna pada saat itu.


Smart App Launcher terbaru di MIUI 9 memungkinkan pengguna untuk mengakses aplikasi berdasarkan apa yang sedang dilakukan oleh pengguna. 

Yang paling menarik dari MIUI 9 tentunya adalah tiga buah theme terbaru yang tentunya akan memberikan pengalaman berbeda dalam menggunakan MIUI. Tiga theme tersebut adalah No Boundary, Colour Fantasy, dan Cool Black - bersama dengan default theme. Selain itu tampilan lock screen juga berbeda dengan seri sebelumnya.

Beberapa aplikasi yang mendapatkan pembaruan diantaranya adalah Mi Video yang memiliki fitur-fitur seperti automatic grouping, multilingual subtitles, serta mendukung berbagai macam format video. Mi Calculator, Mi Explorer, serta Mi Drop juga akan mendapatkan pembaruan. Sementara khusus pengguna MIUI 9 di India terdapat beberapa fitur dukungan untuk kalender Panchang, festival cards, Horoscope, News, Cricket News, Cricket Schedule, Football Schedule, Health and Fitness, serta informasi On this Day.

Di bawah ini merupakan perjalanan panjang MIUI dari sejak kemunculannya hingga versi terbaru MIUI 9:

  • 2017 – Mi MIX 2 / Mi Note 3 / Mi 6 / Mi Max 2 / Redmi Note 4 / Redmi Note 4X / Redmi Note 5A / Redmi 4 / Redmi 4X / Redmi Y1 / Redmi Y1 Lite
  • 2016 – Mi MIX / Mi Note 2 / Mi 5 / Mi 5s/ Mi 5s Plus / Mi Max / Mi Max Prime / Redmi Note 3 / Redmi 3 / Redmi 3S / Redmi 3S Prime / Redmi 4 / Redmi 4A
  • 2015 – Mi Note / Mi 4i / Redmi 2 / Redmi 2 Prime / Redmi Note 4G Prime / Redmi Note 2
  • 2014 – Mi 4/ Redmi Note 4G
  • 2013 – Mi 3
  • 2012 – Mi 2

No comments:

Post a Comment