Spesifikasi Lengkap Nokia 8: Flagship Mid-Range yang Sesungguhnya? - SFMedia

Breaking

Friday, November 17, 2017

Spesifikasi Lengkap Nokia 8: Flagship Mid-Range yang Sesungguhnya?

Setelah beberapa waktu Nokia berhasil mencuri perhatian dengan trio Androidnya - Nokia 2, Nokia 5, Nokia 6, serta "melahirkan" kembali salah satu ponsel legendarisnya yaitu Nokia 3310, Nokia kembali menggebrak pasar smartphone Android dengan sebuah smartphone yang lebih premium dari trio Android pertama Nokia, yaitu Nokia 8. Memiliki angka paling tinggi dari ketiga seniornya, Nokia 8 memang dirancang untuk bertarung di kelas mid-fange flagship. Pertarungan perusahaan smartphone di kelas ini memang terasa lebih keras, dan Nokia telah siap untuk masuk ke dalam persaingan segmen tersebut dengan Nokia 8.
Nokia 8 tersedia dalam berbagai pilihan warna yang menarik dan atraktif

Memiliki desain khas Nokia - hampir mirip dengan Nokia 6 tak membuat penampilan Nokia 8 ini terkesan meniru. Dengan desain yang minimalis yang mungkin akan membuat beberapa orang berpikir bahwa desain seperti ini akan membosankan, tetapi nyatanya desain Nokia 8 ini memang cukup menyegarkan dengan bodi anodize aluminium berkonsep unibody yang dipoles rapi dan sangat memperhatikan kenyamanan ketika digenggam.

Dengan ketebalan body hanya 7.9 mm dengan keempat sisinya yang membulat dan memiliki sisi yang lengkung membuat penampilan Nokia 8 ini terlihat cantik dan mewah. Desain yang membulat serta lengkungan pada sisinya membuat smartphone ini terasa nyaman ketika digenggam. Nokia 8 juga memilih menggunakan pendekatan berbeda dalam menentukan ukuran smartphone ini. Ketika beberapa flagship di kelas mid-range berlomba-lomba membuat smartphone dengan rasio layar 18:9, Nokia memilih untuk menanamkan layar berukuran 5.3 inchi yang sangat jarang digunakan dalam sebuah smartphone.
Menggunakan layar Quad HD serta telah dilapisi Corning Gorilla Glass 5

Ketika penampilan keseluruhan Nokia 8 cukup menggoda, bagaimana dengan spesifikasinya? 

Tidak bisa dipungkiri bahwa spesifikasi sebuah smartphone menjadi salah satu pertimbangan penting bagi seseorang ketika akan membeli sebuah smartphone. Bagaimana dengan Nokia 8? Apakah spesifikasinya mampu menarik orang-orang untuk membeli smartphone ini? Inilah spesifikasi lengkap Nokia 8 yang merupakan flagship mid-range terbaru buatan produsen ponsel legendaris.

JARINGAN
GSM/CDMA
GSM
Dual SIM
Ya
Jenis SIM
Nano SIM
GPRS
Ya
EDGE
Ya
3G/HSDPA
Ya
4G LTE
Ya
DESAIN
Dimensi
153.8 x 75.5 x 7.6 mm
Berat
154 Gram
Material
Anodized Aluminum
LED Notifikasi
Ada
LAYAR
Jenis
IPS LCD Capasitive
Lebar
5,3 Inchi
Resolusi
1440 x 2560 pixel Quad HD
Kerapatan
~554ppi
Proteksi
Corningg Gorilla Glass 5
HARDWARE
Chipset
Snapdragon 835
CPU
Octa-core (4×2.45 GHz Kryo & 4×1.9 GHz Kryo)
CPU Frekuensi
2450 MHz + 1900 MHz
GPU
Adreno 540
GPU Frekuensi
710 MHz
RAM
4 GB, LPDDR4x
RAM Frekuensi
1866 MHz
RAM Channel
Double Chanel
MEMORY
Internal
64 GB
Type Memory
UFS 2.1
Eksternal
256 GB
SISTEM OPERASI (OS)
Sistem Operasi
Android v7.1.1 Nougat
KAMERA UTAMA
Resolusi
13 MP + 13 MP
Autofocus
Ya ( Laser & Phase Detection Autofocus )
LED Flash
Ya ( Dual LED Flash )
OIS
Ya
Video
2160p@30fps
KAMERA DEPAN
Resolusi
13 MP
Autofocus
Ya
LED Flash
Tidak
OIS
Tidak
KONEKTIFITAS
Wi-Fi
Ya
Wi-Fi Direct
Ya
Bluetooth
Ya
Infrared
Ya
NFC
Tidak
MHL
Ya
HDMI
Ya
USB
Type-C
SENSOR
Accelerometer
Ya
Ambient Light
Ya
Proximity
Ya
Compass
Ya
Gyroscope
Ya
Barometer
Tidak
Fingerprint Sensor
Ya
BATERAI
Jenis
Li-ion
Kapasitas
3090 mAh
Fast Charging
Ya

Itulah spesifikasi lengkap Nokia 8 yang merupakan ponsel flagship yang akan bertarung di segmen mid-range. Dengan spesifikasi tersebut rasanya Nokia 8 memang sudah memiliki modal yang cukup untuk menantang smartphone-smartphone lain yang juga bertarung di segmen flagship mid-range. Dukungan prosesor buatan Qualcomm, Snapdragon 835 yang dipadukan dengan RAM sebesar 4 GB rasanya memang lebih proporsional daripada menggunakan RAM yang berkapasitas lebih besar. Dengan hardware yang seperti itu kinerja Nokia 8 memang lebih terasa smooth.
Detail Nokia 8 yang menawan dan halus

Kinerja yang smooth ini tentunya juga tidak lepas dari sistem operasi Android v7.1.1 Nougat yang bekerja dengan sangat baik. Kinerja OS yang lancar seperti ini ternyata karena sistem operasi yang digunakan di Nokia 8 ini tidak terdapat bloatware ataupun aplikasi-aplikasi bawaan yang terkadang malah membuat kinerja smartphone menjadi kurang optimal. HMD Global juga menjanjikan bahwa Nokia 8 akan selalu mendapatkan update, bahkan Nokia 8 telah dijadwalkan akan mendapatkan update sistem operasi Android 8.0 Oreo di akhir tahun mendatang.

Performa Nokia 8 secara keseluruhan didukung oleh baterai berkapasitas 3090 mAh. Meski kapasitas tersebut sekarang seolah telah menjadi standar untuk smartphone keluaran terbaru, nyatanya bisa bertahan dengan cukup baik bahkan setelah penggunaan yang lumayan berat. Baterai Nokia 8 bisa bertahan selama satu hari penuh. Sementara fitur fast-charging 3.0 juga menjadi salah satu kelebihan dari Nokia 8.
Kamera Carl ZEISS tentunya akan memberikan hasil yang menakjubkan

Pada sektor kamera, Nokia bekerja sama dengan Carl ZEISS yang merupakan salah satu produsen kamera terbaik. Dengan kamera tersebut Nokia menjadi salah satu pionir dalam teknologi smartphone imaging. Kamera Carl ZEISS pada Nokia 8 bukan hanya pada kamera utama tetapi juga kamera depan smartphone ini. Kamera belakang Nokia 8 telah dilengkapi OIS (Optical Image Stabilization) dan dual LED flash yang akan membantu pencahayaan ketika kondisi low-light.

Lantas, dengan desain ciamik serta spesifikasi yang menggiurkan tersebut, berapakah harga Nokia 8? Di India, Nokia 8 dipasarkan pada harga ₹36,999, sekitar $565. Jumlah tersebut jika dikurs menjadi rupiah kurang lebih akan menjadi 7 jutaan. Bagi para penggemar Nokia yang sudah tidak sabar dengan smartphone ini nampaknya harus bisa menahan diri meskipun HMD Global disebut-sebut akan membawa smartphone ini ke Indonesia.

1 comment: