10 Aplikasi Kamera Terbaik untuk Smartphone Android - SFMedia

Breaking

Monday, February 5, 2018

10 Aplikasi Kamera Terbaik untuk Smartphone Android

Bagaimanapun, tidak bisa dipungkiri bahwa kamera beserta fiturnya pada sebuah smartphone Android saat ini sangatlah diminati. Bahkan kamera tersebut dibekali dengan berbagai fitur untuk memudahkan dan membuat hasil foto menjadi lebih menarik.

Tak jarang pula pengguna smartphone menambah dengan aplikasi tambahan agar hasil fotonya lebih menarik. Applikasi seperti PhotoGrid, PicsArt, dan lain-lain. Dan 10 aplikasi kamera di bawah ini mungkin adalah aplikasi kamera terbaik yang tentunya menarik untuk dicoba.

Camera FV-5 (Harga: Free/$3,95)
Camera FV-5 adalah aplikasi kamera untuk pengguna Android yang menyukai memotret dengan setting manual. Aplikasi ini memiliki beragam emulator kamera DSLR. Beberapa fitur yang ada antara lain shutter speed, ISO, light metering, focus, white balance, dan lain-lainnya. Selain itu aplikasi ini juga mendukung format gambar seperti JPEG, DNG (RAW), dan PNG. Untuk aplikasi standar bisa didownload secara gratis sementara untuk aplikasi versi pro pengguna harus membayar sekitar $3,95.

CameraMX (Harga: Free/Up to $1,99)
CameraMX juga merupakan aplikasi kamera keren yang bisa diinstal di perangkat Android. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi kamera terpopuler, dan pengembang aplikasi ini selalu memberikan update untuk aplikasi ini. Aplikasi ini memiliki beragam fitur yang bisa digunakan, baik untuk foto ataupun video. Aplikasi ini juga bisa membuat gambar berformat GIF.

Camera Zoom FX (Harga: Free/$3,49)
Camera Zoom FX juga merupakan salah satu aplikasi kamera yang sudah ada sejak lama. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengatur ISO, shutter speed, exposured, dan lain-lainnya. Aplikasi ini juga memiliki beberapa plugins dengan fitur yang lebih lengkap dan tidak mainstream seperti CameraMX. Versi standarnya bisa didownload secara gratis sementara versi pro pengguna akan dikenai biaya sebesar $3,49

Candy Camera (Harga: Free)
Candy Camera merupakan salah satu aplikasi kamera Android yang kekinian, karena aplikasi ini spesial dibuat untuk pecinta selfie. Aplikasi ini memiliki banyak filters, stiker, dan makeup tools. Bagi pengguna awal mungkin akan sedikit kesulitan dengan tampilan UI-nya tetapi lama-lama akan terbiasa. Bagi fotografer profesional aplikasi ini mungkin tidak begitu diperlukan.

Cymera (Harga: Free/Up to $3,49)
Bagi yang ingin mencoba aplikasi kamera Android yang sudah berpengalaman, Cymera ini jawabannya. Tetapi meski begitu, aplikasi kamera ini merupakan aplikasi kamera mainstream dengan berbagai stiker, efek-efek menarik, serta filters. Bagi yang ingin menambah filters dan fitur lainnya biaya sebesar $3,49 akan dikenakan.

DSLR Camera (Harga: $2,99)
Dengan mengusung nama yang penuh ambisi, aplikasi kamera Android ini juga bisa dicoba bagi penggemar fotografi smartphone manual. Aplikasi ini memiliki beragam pengaturan kamera manual, seperti white balance, light metering, live histogram, ISO, dan lain-lain. Sayangnya aplikasi ini tidak gratis. Pengguna hanya bisa mengunduh versi trial-nya dan harus membayar $2,99 untuk bisa menikmati aplikasi ini secara penuh.

Footej Camera (Harga: Free/$2,99)
Aplikasi kamera untuk smartphone yang satu ini masih terbilang baru tetapi berhasil menggabungkan antara fotografi mainstream dan profesional. Menggunakan Android Camera2 API, aplikasi ini memiliki kontrol manual secara penuh. Selain itu aplikasi ini bisa digunakan untuk mengambil foto dan video, membuat GIFs, photo histogram, dan burst mode. Untuk menggunakan pro version pengguna harus membayar sekitar $2,99.

Google Camera (Harga: Free)
Meski menggunakan nama Google, nyatanya aplikasi kamera Android yang satu ini bukan official apps Google. Fitur yang ada pada aplikasi ini hampir sama dengan semua perangkat Android yang ada sekarang. Fitur-fiturnya antara lain lens blur mode, slowmo (tidak semua perangkat), photo spheres, video stabilization, dan lainnya. Masalahnya adalah aplikasi ini hanya bisa digunakan pada Android 7.1.1 ke atas. Selain itu, aplikasi ini juga tidak bisa didownload di negara-negara tertentu.

Google Cardboard Camera (Harga: Free)
Aplikasi kamera ini adalah aplikasi untuk Google Cardboard. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melihat dan mengambil foto VR. Selain itu juga mampu mengambil foto 360 derajat. Cara kerjanya mirip dengan panorama, tetapi lebih melingkar. Untuk melihat hasilnya diperlukan Google Cardboard.

Manual Camera (Harga: Free/$2,99)
Sesuai namanya, aplikasi kamera Android satu ini merupakan aplikasi yang memungkinkan pengguna mengambil foto secara manual. Aplikasi kamera satu ini memiliki beragam fitur pengaturan manual untuk mengambil foto. Pengguna bisa mencoba versi gratis dari aplikasi ini sebelum mencoba versi full-nya yang dikenai biaya sebesar $2,99

Itulah 10 Aplikasi kamera Android yang bisa diinstal untuk menambah kegiatan fotografi smartphone menjadi lebih menyenangkan. Tentunya masih ada banyak aplikasi kamera Android yang lain yang bisa dicoba.

1 comment: