Smartphone ini Memiliki Lima Lensa Kamera Belakang - SFMedia

Breaking

Thursday, January 25, 2018

Smartphone ini Memiliki Lima Lensa Kamera Belakang

Jika tiga buah kamera belakang pada smartphone terbaru Huawei yaitu P11 telah membuat banyak orang berpikir tentang manfaatnya, maka bersiaplah kaget dengan smartphone baru ini karena disebut-sebut akan memiliki bukan hanya tiga, tetapi lima lensa sekaligus!

Entah apa maksudnya, tetapi lima buah lensa yang berada di bagian belakang ini bukan lensa kamera statis melainkan kamera dengan modul yang bisa berputar. Secara ide memang cukup inovatif, tetapi secara fungsi, apakah memang layak sebuah smartphone memiliki lensa sebanyak itu?

Mengingat kamera profesional saja hanya memiliki satu lensa.

Smartphone apakah ini?

Saat ini, yang akan terlintas di pikiran jika menyebut kamera pada smartphone adalah Oppo, Vivo, atau Huawei dan mungkin beberapa merk lain. Apakah smartphone yang memiliki lima lensa kamera ini merupakan buatan salah satu pabrikan tersebut?

Ternyata bukan.


Adalah Nokia, yang memiliki inovasi tersebut dan disebut-sebut akan segera dipasang pada salah satu produk teranyar mereka, yaitu (kemungkinan bernama) Nokia 10. Nokia memang bekerja sama dengan produsen kamera ternama Carl-Zeiss. Kerja sama ini bahkan telah berlangsung sejak era Lumia, yang pada saat itu merilis Lumia 1020.

Saat itu Lumia 1020 memiliki modul kamera belakang yang menonjol, dan nampaknya untuk Nokia terbaru ini juga akan menggunakan modul menonjol serupa pendahulunya tersebut. Bedanya modul kamera pada Nokia 10 ini bisa diputar, dan terdapat 7 lubang. 

Lima lubang untuk lensa kamera, dan dua lubang untuk LED flash.

Bagaimana cara kerja kelima kamera tersebut?

Kelima lensa yang ada pada punggung perangkat ternyata merupakan lensa yang memiliki fokus berbeda-beda. Ini berarti kelima lensa tersebut berperan sebagai lensa sekunder dari kamera utama. Jadi, kelima lensa tersebut bisa dipilih sesuai keinginan tergantung pada jarak objek yang akan diambil menggunakan kamera tersebut.

Untuk saat ini memang belum banyak yang bisa diketahui dari smartphone dengan lima lensa putar buatan Nokia ini. Menurut rumor yang beredar kemungkinan perangkat ini akan meluncur pada semester kedua 2018, berarti kurang lebih pada Juni mendatang.

Tapi, Nokia 9 saja belum dirilis. 


No comments:

Post a Comment