Nokia Siapkan Flagship Khusus Dengan Seri X - SFMedia

Breaking

Saturday, April 7, 2018

Nokia Siapkan Flagship Khusus Dengan Seri X

Flagship phone, alias smartphone kelas atas dengan spesifikasi tinggi nampaknya mulai banyak dilirik. Jika sebelumnya pasar smartphone flagship lebih banyak dikuasasi oleh merk tertentu, saat ini banyak merk yang mulai merilis smartphone flagship. Pun termasuk Nokia.

Baca Juga: Nokia Siapkan Smartphone Baru dengan Tiga Kamera Belakang

Bisa dibilang, kebangkitan Nokia di pasar perangkat komunikasi memang tak mulus. Epic comeback, mungkin. Tetapi, secara perlahan banyak konsumen yang mulai melirik dan menerima kehadiran sang mantan legenda. Dan Nokia pun terus merilis berbagai produk, dari kelas entry level hingga kelas yang lebih tinggi.


Rumornya, Nokia saat ini tengah mengembangkan sebuah flagship khusus yang konon akan diberi nama Nokia X. Tetapi sampai saat ini, selain iPhone X, tidak ada merk smartphone ternama yang benar-benar memiliki produk dengan seri X. Samsung X masih sebatas rumor. Konsep paling banter.

Bagaimana dengan Nokia X ini?

Jika memang bisa terwujud, tentunya Nokia X ini akan semakin memanaskan kelas flagship yang saat ini praktis hanya dihuni Apple, Samsung, Huawei, dan Xiaomi. 


Terlepas dari hal tersebut, desain Nokia X memang telah muncul. Desain yang dirancang oleh Mladen Milic ini benar-benar berbeda dari kebanyakan smartphone yang beredar saat ini; layar 18:9 atau 19:9, kemudian penggunaan notch membosankan yang seragam, dan beberapa lainnya. 

Dari bocoran desain yang terlihat, tampilan depan Nokia X terlihat tidak simetris. Bahkan sekilas terlihat seperti notch yang ditarik ke salah satu sisi perangkat, bukan di tengah lagi. Tetapi apakah itu benar-benar notch? Nampaknya bukan. Bagian yang terlihat seperti notch tersebut merupakan bezel atas yang dirancang dengan warna yang berbeda. Bagian berwarna hitam terdapat kamera, LED flash, dan sensor. Sementara bagian berwarna putih yang lebih panjang merupakan tempat dimana lubang speaker berada.

Cukup kreatif? Sejauh ini, ya.


Kemudian di bagian bawah perangkat tidak terdapat apa-apa selain bezel dengan logo Nokia di bagian bawah pojok. Tren penempatan logo kini nampaknya tidak harus di tengah. Sebut saja Huawei di P20 series-nya. Kemudian juga Xiaomi di Mi Mix 2S -nya. Tetapi khusus pada Nokia ini, penempatan logo yang tidak di tengah entah kenapa membuat perangkat ini terlihat premium.


Kemudian beralih ke bagian belakang. Dua buah kamera yang masih merupakan hasil kerjasama dengan Zeiss terdapat di sisi kiri perangkat dengan lampu flash diantara keduanya. Kemudian sensor sidik jari berada di punggung perangkat. Entah kenapa Nokia X belum menggunakan in-screen-fingerprints. Tetapi hal itu bukan masalah besar.


Namun seperti halnya smartphone konsep lainnya, Nokia X ini juga belum menyertakan keterangan lengkap terkait dengan spesifikasi. Tetapi hal itu bisa dimaklumi karena yang namanya konsep belum tentu akan terwujud menjadi kenyataan. Meskipun smartphone flagship Nokia X ini akan sangat keren jika benar-benar terwujud. Jadi, tunggu saja.

Bagaimana, tertarik?

1 comment: