10 Aplikasi Grammar Terbaik Android untuk Memperlancar Bahasa Inggris - SFMedia

Breaking

Thursday, March 15, 2018

10 Aplikasi Grammar Terbaik Android untuk Memperlancar Bahasa Inggris


Bahasa Inggris saat ini merupakan bahasa yang bisa dibilang “wajib” untuk dipelajari. Tetapi salah satu momok yang membuat Bahasa Inggris ini sulit dipelajari adalah Grammar. Untungnya teknologi memudahkan siapapun untuk bisa mempelajari Grammar dimanapun, tak melulu di sekolah. Dengan smartphone, siapapun bisa mempelajari Grammar kapanpun dan dimanapun.

Dan mengenai aplikasi Grammar di smartphone, khususnya Android, inilah 10 aplikasi Grammar terbaik Android untuk memperlancar Bahasa Inggris.

BASIC ENGLISH GRAMMAR


Sesuai namanya, aplikasi Grammar yang satu ini adalah aplikasi Grammar yang diperuntukkan bagi pembelajar Bahasa Inggris tingkat dasar. Tetapi sebagai aplikasi tingkat dasar, aplikasi ini memiliki fitur yang cukup lengkap yaitu sekitar 230 materi dan lebih dari 480 tes singkat. User Interface-nya juga friendly. Dengan dukungan lebih dari 100 bahasa di dunia, tentunya aplikasi ini bisa digunakan oleh siapapun. Untuk menghilangkan iklan yang sering muncul, pengguna harus membayar $1,49.

ENGLISH GRAMMAR BOOK


Aplikasi Grammar yang satu ini bisa dibilang merupakan salah satu aplikasi Grammar yang telah ada beberapa lama. Fitur-fiturnya antara lain penjelasan singkat beserta contohnya dan tes pengembangan. Aplikasi ini juga memiliki sistem medali sehingga bisa digunakan sebagai record sejauh mana pencapaian pengguna dalam penguasaan Grammar. Tampilannya telah diupdate menjadi lebih modern. Meskipun untuk menghilangkan iklan pengguna harus membayar sekitar $5,99.

ENGLISH GRAMMAR IN USE


Aplikasi Grammar ini merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Professor Raymond Murphy, sebagai tindak lanjut dari buku best-sellernya yang berjudul sama, English Grammar in Use. Di dalam aplikasi ini terdapat berbagai aktifitas dan tes yang berhubungan dengan Grammar. Untuk menikmati versi lengkap aplikasi ini pengguna harus membayar lumayan mahal untuk sebuah aplikasi yaitu sekitar $15,50. Tetapi bagi yang telah mengetahui kualitas pengembang aplikasi ini mungkin hal itu tak menjadi masalah. Hanya saja terdapat beberapa laporan terkait adanya bug di aplikasi ini.

ENGLISH GRAMMAR TEST


Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi Grammar yang populer dengan total sekitar 1,200 latihan terkait dengan Grammar. Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk mengetahui level mereka, dan merekam progress penguasaan materi Grammar. Dan bagusnya lagi, tampilan aplikasi ini telah dirubah ke tampilan yang lebih modern dan kekinian. Satu lagi, aplikasi keren ini gratis.

GRAMMARLY


Grammarly merupakan aplikasi Grammar yang terbilang baru dengan tampilan menyerupai Gboard atau SwiftKey. Aplikasi ini memiliki fitur auto-correct, termasuk penggunaan koma, bentuk verb, kata yang belum tepat, atau penggunaan kata yang membingungkan (semisal instead of). Sebagai aplikasi Grammar yang terbilang baru, aplikasi ini cukup bagus meskipun terdapat beberapa bug. Tetapi bagusnya, aplikasi Grammar yang satu ini gratis.

MERRIAM-WEBSTER DICTIONARY


Aplikasi ini lebih berupa aplikasi yang mirip kamus daripada aplikasi yang memang khusus untuk Grammar. Tetapi, kamus juga sangat diperlukan dalam mempelajari Grammar. Dan di aplikasi ini pengguna bisa menemukan permainan Vocabulary Puzzles, pencarian suara, Thesaurus, pengucapan dengan menggunakan suara dan masih banyak lagi. Untuk versi full dari aplikasi ini menyediakan fitur lebih lengkap yaitu seperti proper nouns dan istilah asing. Untuk versi full-nya pengguna harus membayar sekitar $3,99.

OXFORD GRAMMAR AND PUNCTUATION


Sesuai namanya, aplikasi ini menyediakan lebih dari 250 aturan Grammar dan Punctuation, misalnya meliputi verblage berserta contoh-contohnya, dan juga tes-tes pendukung untuk pemahaman yang lebih baik. Aplikasi ini bahkan memiliki fitur OCR, yaitu fitur untuk menggunakan kamera dan memotret kata yang ada pada suatu benda kemudian mencarinya. Aplikasi ini juga bisa digunakan dalam keadaan offline, tidak ada iklan, walaupun pengguna harus membayar kurang lebih $10,99 untuk aplikasi ini.

UDEMY


Berbeda dengan beberapa aplikasi Grammar di atas, Udemy merupakan aplikasi belajar online dengan menyediakan berbagai topik, mulai dari teknologi hingga pembelajaran bahasa. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa ikut kelas, menonton video, dan tentu saja mendapatkan berbagai pengetahuan baru. Video yang disediakan di aplikasi ini pun juga termasuk video pembelajaran Grammar, writing, dan beberapa materi lainnya. Aplikasi ini gratis, tetapi untuk bisa menikmati layanan di dalam aplikasinya pengguna harus membayar dengan jumlah yang berbeda-beda.

YOUTUBE


Siapa tak kenal aplikasi ini? Aplikasi pemutar video terpopuler di dunia ini memiliki segala hal yang dibutuhkan oleh siapapun. Dari hiburan sampai pembelajaran pasti ada di YouTube. Bagi yang ingin mempelajari Grammar tentu saja ada banyak sekali video yang membahas tentang ini. Mulai dari basic skill seperti listening, speaking, reading, dan writing hingga level yang lebih expert. Aplikasi ini gratis tetapi pengguna diharuskan membayar $9,99 untuk mengaktifkan YouTube Red dan beberapa fitur lainnya.

EBOOK READER PLATFORM


Hampir sama dengan YouTube, bedanya layanan ini menyediakan materi dalam bentuk teks dan ebook. Ebook tentang pembelajaran Grammar tentu saja banyak sekali dan sangat mudah ditemukan, misalnya di Amazon Kindle, Barnes & Noble Nook, dan tentu saja Google Play Book. Semua platform tersebut memiliki banyak sekali materi pendukung yang bisa digunakan untuk belajar Grammar. Ebook Reader biasanya gratis tetapi untuk menikmati ebook-nya pengguna harus membayar sejumlah uang dengan jumlah yang berbeda-beda.

Itulah 10 aplikasi Grammar terbaik untuk Android yang bisa digunakan sebagai tempat belajar Bahasa Inggris, terutama tentang Grammar karena biasanya Grammar adalah salah satu bagian yang paling sulit dipelajari terutama oleh pelajar.

2 comments:

  1. Saya merekomendasikan situs web ini.
    https://www.letspal.com.
    Belajar bahasa dan berteman

    ReplyDelete