5 Ponsel Jadul Nokia yang Kemungkinan akan Dibangkitkan Lagi - SFMedia

Breaking

Sunday, March 11, 2018

5 Ponsel Jadul Nokia yang Kemungkinan akan Dibangkitkan Lagi

Semua orang pasti menyukai nostalgia. Entah itu dengan lagu, pemandangan, kenangan, atau mungkin juga dengan peralatan elektronik, mulai dari gameboy hingga ponsel. Khusus untuk yang disebut terakhir, alias ponsel, masyarakat Indonesia memiliki kenangan kuat dengan sebuah merk ponsel legendaris, yaitu Nokia.

Sempat mengalami down menghadapi persaingan di teknologi komunikasi, Nokia kini telah bisa bangkit dan masuk dalam kerasnya persaingan industri komunikasi. Salah satu cara ampuh yang digunakan Nokia adalah menghidupkan kembali ponsel lawas mereka, dengan penambahan teknologi terkini.

Sampai saat ini terhitung sudah dua ponsel lawas Nokia yang dihidupkan, yaitu sang legenda Nokia 3310 dan sang bintang 8110 Banana. Keduanya mendapat sentuhan desain baru dan teknologi baru yang relevan dengan era modern. HMD Global, selaku pemilik brand Nokia disebut-sebut akan menghidupkan lagi sekitar lima buah ponsel lawas Nokia. 

1. Nokia 1100

Nokia 1100 (via developers-club)
Yang pertama adalah Nokia 1100, sebuah ponsel dengan tampilan monokrom, ringtone monoponic, tetapi sudah memiliki berbagai varian warna. Meskipun cuma bisa digunakan untuk melakukan panggilan dan berkirim SMS, ponsel ini termasuk laris di pasaran karena desainnya yang sederhana dan mudah digunakan. Ponsel yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2003 ini kemungkinan akan dihidupkan lagi oleh Nokia.

2. Nokia Ringo

Nokia Ringo (via todocoleccion)
Salah satu ponsel Nokia yang memiliki nama tidak menggunakan nomor. Tetapi Nokia Ringo bisa dibilang adalah salah satu ponsel Nokia yang paling tua karena dirilis pertama kali tahun 1995. Ponsel ini juga diketahui merupakan ponsel yang telah menggunakan sistem semacam pulsa, yang disebut "Pay as You Go." Selain karena sangat bersejarah, desainnya yang unik mungkin bisa menjadi pertimbangan Nokia untuk menghidupkan kembali ponsel ini, seperti yang sudah dilakukan Nokia pada nama Sirocco.

3. Nokia N90

Nokia N90 (via symbios)

Salah satu ponsel paling menarik dan inovatif dari Nokia. Memiliki konsep yang bisa dibuka tutup plus layar yang bisa dirotasi untuk keperluan pengambilan foto dan perekaman video. Jika ponsel ini dihidupkan kembali tentu akan sangat menarik. Memiliki dua buah layar, meskipun layar terluar berukuran sangat kecil.

4. Nokia N-Gage

Nokia N-Gage
Saat ini, satu-satunya smartphone gaming mungkin baru Razer Phone. Sementara di masa lalu, Nokia pernah memiliki ponsel khusus gaming yang bernama N-Gage dan N-Gage QD. Bentuknya hampir mirip stik konsol game, dengan tombol-tombol di kedua sisi kanan kirinya dan layar di tengah-tengah. Ponsel ini sangat populer di masa lalu meskipun bentuknya cukup aneh untuk sebuah ponsel. Jika Nokia menghidupkan kembali ponsel ini tentunya akan banyak orang yang bernostalgia. Selain itu bisa juga menjadi senjata Nokia untuk terjun ke pasar smartphone gaming.

5. Nokia 5300 Xpress Music

Nokia 5300 Xpress Music (via citybrid)
Xpress Music merupakan salah satu seri ponsel Nokia yang fokus pada kebutuhan hiburan khususnya musik. Ponsel Nokia seri Xpress Music dibuat untuk menyaingi ponsel buatan Sony yang juga menyasar para penggemar musik, yaitu Sony Walkman Series. Untuk Nokia 5300 Xpress Music sendiri, merupakan ponsel jenis slide dengan beberapa penambahan tombol-tombol khas pemutar musik, seperti tombol play, pause, stop, forward, dan volume.

Itulah lima ponsel jadul Nokia yang kemungkinan akan dihidupkan lagi oleh HMD Global selaku pemegang brand Nokia. Mungkin masih ada ponsel Nokia lain yang pernah sangat laris di pasaran seperti 7610, 6600, dan lain sebagainya. Tetapi tentunya HMD Global bersama Nokia memiliki pertimbangan-pertimbangan dalam merilis sebuah smartphone baru. Tunggu saja.

No comments:

Post a Comment