Cara Mudah Agar Smartphone Tetap Kinclong - SFMedia

Breaking

Saturday, March 24, 2018

Cara Mudah Agar Smartphone Tetap Kinclong

Jika ada satu benda yang hampir selalu digenggam maka benda itu tidak lain dan tidak bukan adalah smartphone. Entah tua, muda, remaja, anak-anak, hingga orang dewasa rasanya sangat sulit untuk tidak menggenggam smartphone meski untuk sejenak.

Membersihkan smartphone agar tetap kinclong (via recode.id)
Tidak masalah, meski efeknya adalah smartphone akan menjadi kusam dan kotor. Dari bekas-bekas sidik jari, atau mungkin keringat serta minyak yang terkadang menempel di tangan tak jarang membekas di permukaan smartphone. 

Bukan hanya bekas-bekas kotoran, nyatanya smartphone juga merupakan benda yang memiliki bakteri yang bisa lebih banyak daripada bakteri di pegangan toilet. Meski terdengar jorok, tetapi itulah faktanya. Dan bakteri ini tidak akan hilang begitu saja ketika smartphone digosokkan ke baju.

Lalu, bagaimana membuat smartphone tetap terlihat kinclong dan bersih?

Dikutip dari Mashable, ada beberapa langkah-langkah yang harus dilakukan jika ingin smartphone tetap bersih dan kinclong. 

Langkah pertama adalah tentunya lepaskan smartphone dari segala aliran listrik, misal kabel USB, juga segala aksesoris yang terpasang. Akan lebih baik kalau smartphone dalam kondisi mati. Kemudian setelah itu siapkan bahan-bahan di bawah ini sebagai persiapan membersihkan smartphone.
  • Air secukupnya
  • Cairan Isopropil Alkohol
  • Cuka
  • Kain Microfiber atau kain yang bertekstur lembut
  • Cotton bud
  • Kapas
Caranya adalah:
1. Campurkan air dan alkohol dengan perbandingan 60% air dan 40% alkohol. Jika tidak ada alkohol, bisa menggunakan campuran 50% air dan 50% cuka. Campurkan bahan tersebut dalam sebuah wadah.
2. Basahi ujung kain microfiber atau kain lembut lainnya yang telah dipersiapkan. Jangan menyemprot smartphone dengan bahan tersebut, cukup basahi ujung kain. Ingat jangan basahi seluruh kain.
3. Usap permukaan smartphone menggunakan ujung kain yang basah secara perlahan. Ulangi beberapa kali kemudian keringkan permukaan smartphone menggunakan sisi kain lainnya yang kering. 
4. Untuk bagian-bagian yang sulit dijangkau seperti lubang port USB, jangan gunakan bahan cair. Cukup ambil cotton bud atau kapas dan gosokkan secara perlahan-lahan pada bagian tersebut.

Itulah cara mudah untuk membuat smartphone tetap terlihat kinclong dan bersih. Jika tak ingin repot-repot membersihkan, mungkin bisa dipasangi hardcase atau softcase untuk bagian belakang. Sementara di bagian depan bisa dilapisi stiker bening untuk menjaga permukaan asli smartphone tetap bersih.

No comments:

Post a Comment