Spesifikasi SIKURPhone, Smartphone Dengan Keamanan Super - SFMedia

Breaking

Thursday, March 8, 2018

Spesifikasi SIKURPhone, Smartphone Dengan Keamanan Super

Bukan rahasia lagi kalau smartphone Android membuat Google mengetahui setiap kegiatan pengguna: mulai dari kesukaan hingga keberadaan. Lalu jika pengguna menginginkan keamanan atau privasi yang lebih tapi tetap menggunakan Android, bagaimana? Beberapa caranya mungkin adalah dengan menggunakan Graphite Phone. Tetapi harganya sangat mahal.


Alternatif lainnya?

Tak perlu khawatir karena selalu ada alternatif, termasuk pilihan untuk menggunakan smartphone paling aman. Pada ajang MWC 2018 lalu, diantara hingar-bingar deretan smartphone baru berponi alias smartphone ber-notch, terdapat sebuah smartphone baru penerus Graphite Phone, yaitu SIKURPhone.

Nama yang aneh, bukan?

Out of the box UI Android Nougat (via Mashable)
Tetapi selain nama yang aneh, SIKURPhone terlihat seperti smartphone jadul, yang benar-benar keluar dari pakem atau tren smartphone di tahun 2018 ini. Misalnya saja smartphone ini tak menggunakan rasio 18:9. Bagi beberapa orang hal itu memang tak masalah, meskipun nantinya akan mempermasalahnya spesifikasinya. 

Spesifikasi SIKURPhone:
5.5-inch FHD Display
Kamera utama sebesar 13 MP
Kamera depan 5 MP
RAM 4 GB
Storage 64 GB
Prosesor Mediatek MT6750
USB Type-C
Android 7.0 Nougat
Baterai sebesar 2,800 mAh
Fingerprint di bagian belakang

Tidak terlihat menarik bukan? Bagi penggila smartphone yang "memuja" desain serta spesifikasi, SIKURPhone benar-benar tidak menarik. Tetapi permasalahan utamanya bukan itu karena SIKURPhone bukan membuat smartphone untuk menarik perhatian bukan dengan kecantikannya, tetapi dengan fitur-fiturnya.

Salah satu fitur unggulannya adalah built-in cryptocurrency wallet yang fungsi utamanya adalah menyimpan mata uang, atau menyimpan cryptocoins dengan aman.

Artinya, smartphone ini sangat cocok dengan para pemain Bitcoin, Litecoin, Ethereum, atau Ripple. 

Jadi, jelas smartphone ini adalah smartphone eksklusif. Pengguna millenial jelas tak akan bisa bertahan dengan smartphone ini karena SIKURPhone memblok segala jenis media sosial, dan beberapa aplikasi yang memang telah diatur oleh SIKUR. Untuk mendownload aplikasi pun bukan melalui Google Play, tetapi melalui aplikasi yang mereka kembangkan sendiri. 

Tampilan UI SIKURPhone (via creamcryptonews)
Selain itu, meskipun berbasis Android Nougat, tampilan UI SIKURPhone bisa dibilang sangat "out of the box." Tidak seperti UI kebanyakan. Hal ini disampaikan oleh pihak SIKUR yang diwakili oleh Alexandre Vasconcelos seperti dilansir dari Mashable yang mengatakan bahwa SIKURPhone tidak memiliki akses untuk sembarang aplikasi, bahkan Google Play pun tidak bisa digunakan di smartphone ini. Lebih lanjut, UI-nya akan lebih terlihat corporate-looking daripada kebanyakan smartphone.

Lalu, berapa harga smartphone paling aman di dunia ini?

Dengan melihat spesifikasi di atas, mungkin banyak yang akan menganggap bahwa harga smartphone ini tidak lebih dari Rp 4 jutaan. Maksimal Rp 5 juta. 

Tetapi itu salah besar.

Spesifikasi di atas mungkin memang tak menarik, tetapi SIKURPhone ini eksklusif karena fitur-fiturnya. Vasconcelos bahkan berani sesumbar bahwa "this smartphone is unhackable" atau smartphone ini tidak bisa di-hack. Untuk membuktikan ucapannya itu, SIKUR bahkan telah bekerja sama dengan HackerOne selama dua bulan untuk mencoba hack smartphone ini. Dan hasilnya keamanan smartphone ini tidak bisa ditembus.

Keren bukan?

Untuk menghargai kemampuan itu, SIKURPhone dibandrol dengan harga kurang lebih $800 atau sekitar Rp 11 jutaan. Harga itu adalah harga yang kurang lebih sama dengan Samsung Galaxy S9 atau iPhone 8, yang memiliki desain cantik ditambah spesifikasi terbaru. 

Tetapi belum tentu bisa lolos dari hacker. Dan SIKURPhone mampu.

Smartphone ini mulai tersedia secara pre-order di website-nya, SIKUR - seharga $799, dan kemungkinan besar akan mulai dikirim di bulan Agustus mendatang. Dan jelas, smartphone ini bukan untuk pasar mainstream melainkan kalangan tertentu.





No comments:

Post a Comment