10 Smartphone Gaming Terbaik untuk Para Gamers - SFMedia

Breaking

Saturday, April 21, 2018

10 Smartphone Gaming Terbaik untuk Para Gamers

Tren smartphone saat ini perlahan sudah mulai bergeser dari smartphone-camera menjadi smartphone-gaming, meskipun brand yang bermain khusus di segmen smartphone-gaming ini masih terbatas tetapi bisa dipastikan makin banyak brand yang membuat smartphone dengan spesifikasi khusus untuk bermain game mobile.

Terbaru misalnya, ada Nubia dengan brand Red Magic yang bersiap dirilis menyusul smartphone gaming yang sudah muncul terlebih dahulu yaitu Razer Phone dan Xiaomi Black Shark. Bagi kalian yang sedang mencari smartphone yang tangguh untuk bermain game, tentu saja Razer Phone dan Black Shark secara otomatis masuk ke dalam daftar. Tetapi selain dua smartphone tersebut ada beberapa smartphone yang juga memiliki kemampuan mumpuni untuk bermain PUBG Mobile atau Mobile Legends. 

Dan berikut adalah daftarnya.

Apple iPhone 8 Plus

Apple iPhone 8 Plus (via hypebeast)
Singkat saja, karena iPhone 8 ini merupakan smartphone yang powerful dan memiliki kinerja yang baik. Layarnya juga lumayan besar yaitu 5.5 inchi, cukup lega untuk menikmati game mobile. Kinerja yang maksimal tersebut tentunya karena dukungan hardware yang mumpuni. Misalnya, meskipun RAM-nya hanya 3GB tetapi smartphone ini nyaman-nyaman saja ketika digunakan bermain game. Tetapi jika ada kekurangan yang harus disebutkan mungkin itu pada baterai-nya yang bahkan berada di bawah 3.000 mAh. Bagi penyuka bezel tipis juga mungkin kurang menyukai bezel-nya yang lumayan tebal.

Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus

Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus (via deccanchronicle)
Duo Samsung Galaxy terbaru tentu saja harus berada di dalam daftar ini meskipun secara khusus tidak pernah diumumkan sebagai smartphone khusus gaming tetapi mengingat hardware dan performanya yang mumpuni, duo Galaxy ini tentu saja bisa melibas game-game mobile yang ada saat ini dengan mudah. Layarnya yang nyaman membuat siapapun betah memegang smartphone ini lama-lama. Terimakasih pada layar Super-AMOLED nya. Uniknya, meskipun bukan smartphone gaming, smartphone ini memiliki fitur game yang bernama Samsung Game Tool yang mampu melakukan segala sesuatu untuk memudahkan pengguna bermain game.

Sony Xperia XZ2

Sony Xperia XZ2 (via theverge)
Selain sebagai pembuat smartphone, semua pasti sudah mengenal Sony sebagai pembuat konsol game terkenal Play Station. Sebagai pembuat mesin game, tentunya Sony sudah paham bagaimana membuat perangkat game yang baik. Hasilnya, Sony Xperia XZ2 ini yang memiliki layar sebesar 5.7 inchi, dengan dilengkapi prosesor tangguh Snapdragon 845 yang tentunya handal untuk bermain game. Xperia XZ2 juga memiliki dual-speaker untuk mendukung output suara yang dihasilkan ketika sedang bermain game.

Razer Phone

Razer Phone (via WinPoin)
Sebagai smartphone pertama yang mentahbiskan diri sebagai smartphone khusus gaming, tentu saja smartphone ini memiliki sesuatu yang memang benar-benar dibuat khusus untuk aktifitas tersebut. Misalnya saja RAM sebesar 8 GB dan prosesor tangguh Snapdragon 835. Layarnya yang QuadHD sebesar 5.7 inchi juga dirancang sangat nyaman ketika dipandang berlama-lama ketika sedang bermain game. Baterai-nya juga cukup lega yaitu 4.000 mAh, cukup untuk berlama-lama bermain PUBG Mobile.

Moto Z2 Force

Moto Z2 Force (via PCMag)
Moto berhasil bangkit dari kematian setelah diakuisisi oleh Lenovo - dan mungkin malah memiliki penjualan yang lebih baik daripada Lenovo. Seperti juga smartphone yang satu ini, Moto Z2 Force yang dibekali dengan berbagai perangkat untuk mendukung kegiatan game menggunakan smartphone. Misalnya saja Moto GamePad dan D-Pad. Kemudian juga ada add-on Mods, dan ready Google Daydream VR. Sayangnya memang baterainya terlalu kecil mengingat smartphone ini memiliki berbagai hal yang menarik. Baterai Moto Z2 Force hanya sebesar 2.730 mAh.

Google Pixel 2 XL

Google Pixel 2 XL (via techaeris)
Meski sebenarnya bukan spesialis pembuat smartphone, Google membuktikan dengan produk Pixel-nya yang meraih kesuksesan dan langsung dikenal sebagai smartphone flagship. Termasuk Google Pixel 2 XL ini yang memiliki berbagai hal yang bisa membuatnya disebut sebagai salah satu smartphone terbaik. Yang menjadi kekurangan mungkin hanyalah tidak adanya 3.5 mm audio untuk headset atau headphone, dan juga angle pada layarnya yang tampak kurang baik.

LG V30

LG V30 (via PCMag)
Salah satu smartphone dengan tampilan yang cantik di daftar ini, LG V30 juga sangat mumpuni untuk diajak bermain game. Bahkan bisa dibilang LG V30 adalah smartphone LG terbaik yang bisa digunakan untuk bermain game ekstrim. LG V30 memiliki kualitas audio yang baik dan tentunya sangat memuaskan ketika digunakan bermain game. Layar OLED-nya juga nyaman dipandang berlama-lama. Tetapi sayangnya, smartphone ini kemungkinan besar akan segera dihentikan produksinya mengingat LG sudah bersiap merilis penggantinya, kemungkinan LG G7 ThinQ atau LG V35S ThinQ.

ASUS ZenFone 4 Pro

ASUS ZenFone 4 Pro
Dari semua smartphone yang telah diulas di atas, smartphone ini adalah yang paling terjangkau. Meski begitu, ZenFone 4 Pro memiliki kemampuan tak kalah dari smartphone-smartphone sebelumnya. Dengan pengalaman ASUS dalam menciptakan perangkat game yang sangat populer - ASUS ROG - tentunya ASUS juga bisa mengaplikasikan pengalaman tersebut ke dalam sebuah smartphone. Layar AMOLED-nya juga membuat smartphone ini enak dipandang berlama-lama. Kemudian yang lainnya, RAM sebesar 6GB dan prosesor Snapdragon 835 sudah sangat mumpuni untuk bermain game. 

Samsung Galaxy S8

Samsung Galaxy S8 (via PCMag)
Meski duo Galaxy S9 sudah dirilis dan ada di pasaran, bukan berarti Galaxy S8 langsung kehilangan pesona. Bagaimanapun juga, smartphone ini pernah menjadi idola di lini Samsung karena memang memiliki tampilan yang cantik. Di balik kecantikannya tersebut juga tersimpan performa yang mumpuni, termasuk untuk bermain game mobile. Yang menarik tentunya harganya saat ini sudah turun. Galaxy S8 juga didukung Samsung Game Tool seperti duo Galaxy S9.

Xiaomi Black Shark

Xiaomi Black Shark (via 9to5google)
Pendatang baru di segmen smartphone gaming yang akan menantang Razer Phone perang terbuka. Begitu dirilis, smartphone ini langsung ludes terjual hanya dalam hitungan detik. Sebagai smartphone gaming, Black Shark dilengkapi berbagai teknologi untuk mendukung kegiatan mobile-gaming. Misalnya pendingin cair yang membuat smartphone ini tak terasa panas meskipun digunakan dalam waktu yang lama. Selain itu Black Shark juga memiliki desain yang cukup berbeda dengan smartphone-smartphone kebanyakan.

Itulah 10 smartphone gaming terbaik untuk saat ini yang bisa dipilih oleh para maniak game mobile. Tentu daftar ini bisa berubah dengan cepat karena nanti akan ada Nubia Red Magic, smartphone gaming terbaru dari Nubia. Kemudian juga ada rumor tentang ASUS yang siap ikut meramaikan pasar smartphone gaming dunia. 

Bagaimana, tertarik?


3 comments: