Daftar Smartphone Terbaik yang Memiliki Fitur NFC - SFMedia

Breaking

Sunday, April 15, 2018

Daftar Smartphone Terbaik yang Memiliki Fitur NFC

NFC atau Near Field Communication saat ini sudah dianggap sebagai salah satu fitur yang penting pada sebuah smartphone. Secara sederhana, fitur ini memungkinkan pengguna untuk saling berbagi file antar sesama pengguna smartphone. Meskipun sebenarnya fungsinya masih banyak lagi, misal melakukan pembayaran elektronik.

NFC (via Tech Radar)
Masalahnya, tidak banyak smartphone yang memiliki fitur ini. Jikapun ada, rata-rata adalah smartphone yang tidak bisa dibilang murah. Meskipun ada juga smartphone murah (yang tidak murahan tentunya) telah memiliki fitur NFC ini.

Seperti di bawah ini, beberapa smartphone yang memiliki fitur NFC telah dirangkum sesuai dengan kelasnya, dari smartphone kelas tinggi atau high-end atau flagship sampai smartphone low-budget atau smartphone dengan harga yang terjangkau. Daftar ini merupakan daftar yang disusun oleh Android Authority.

Daftar Smartphone Flagship Terbaik yang Memiliki Fitur NFC
Dimulai dari smartphone-smartphone kelas berat, ada beberapa smartphone yang bisa dipilih. Tentunya smartphone-smartphone ini merupakan smartphone keluaran terbaru atau yang belum lama dirilis.

SAMSUNG GALAXY S9/S9+

Samsung Galaxy S9/S9 Plus (via samsung.com)
Yang pertama ada duo smartphone terbaru Samsung yaitu Galaxy S9 dan S9+. Sebagai smartphone kelas berat, NFC bisa dibilang wajib karena jika smartphone ini tak memiliki fitur NFC bisa kemungkinan besar adalah sebuah blunder. Sebagai pelengkap, kedua smartphone monster Samsung ini juga didukung dengan Samsung Pay. Untuk Samsung Galaxy S9 dibandrol dengan harga Rp 11 jutaan, sementara untuk Galaxy S9 Plus dihargai antara Rp 12 - 14 jutaan.

HUAWEI P20/P20 PRO

Huawei P20 Pro (via customer.huawei.com)
Daftar smartphone flagship terbaik selanjutnya yang memiliki fitur NFC adalah duo Huawei P20 dan P20 Pro. Kedua smartphone ini bisa dibilang merupakan smartphone terbaik saat ini, terutama di sektor kameranya. Terimakasih untuk trio kamera di bagian belakang. Harga duo Huawei P20 dan P20 Pro ditawarkan seharga Rp 12 jutaan untuk P20 dan Rp 15 jutaan untuk seri P20 Pro.

GOOGLE PIXEL 2 XL

Google Pixel 2 XL (via The Nerd Mag)
Sejak kemunculan pertamanya, smartphone buatan Google ini berhasil mencuri perhatian para penggemar smartphone. Terutama karena kualitasnya yang mumpuni dan tampilan UI-nya yang benar-benar murni dari Google sehingga kinerjanya terasa lebih ringan. Selain itu kamera smartphone Google Pixel juga bisa dibilang salah satu yang terbaik. Google Pixel 2 XL ditawarkan dengan harga $850 atau sekitar Rp 11 jutaan.

Daftar Smartphone Mid-Range Terbaik yang Memiliki Fitur NFC
Kemudian untuk kelas Mid-range, ada beberapa smartphone yang juga telah dilengkapi dengan fitur NFC. Dengan harga yang tidak terlalu tinggi seperti smartphone flagship di atas, smartphone-smartphone ini bisa dipertimbangkan jika ingin mencari smartphone yang telah memiliki fitur NFC.

MOTO Z2 PLAY

Motorola Moto Z2 Play (via Expert Review)
Kebangkitan Moto di pasar perangkat telekomunikasi juga bisa dibilang sukses. Dengan beberapa seri smartphone yang memiliki desain unik yang tak terkesan menjiplak membuat smartphone Moto banyak disukai. Termasuk pula seri Z, yang bisa dibilang merupakan seri yang cukup mewah. Seperti Moto Z2 Play ini yang telah memiliki fitur NFC dan juga telah menerima dukungan dari Moto Mods. Harga untuk smartphone Moto Z2 Play ini adalah $350 atau Rp 4.550 juta.

HTC U11 LIFE

HTC U11 Life (via 9to5Google)
Meski tak setenar Moto atau merk-merk lain di Indonesia, HTC sebenarnya juga merupakan merk yang bagus. Desainnya bahkan cukup berbeda dengan smartphone kebanyakan yang ada di pasaran., termasuk seri HTC U11 Life ini yang memiliki body belakang sangat menarik karena Liquid Surface Back-nya. HTC U11 Life juga telah didukung dengan fitur Edge Sense, sebagai pelengkap fitur NFC. Bagi yang ingin meminang HTC U11 Life, harga yang ditawarkan adalah $350 atau sekitar Rp 4.550 juta.

NOKIA 7 PLUS

Nokia 7 Plus (via NDTV Gadgets)
Sang legenda kini telah kembali, dan usahanya sejauh ini cukup berhasil. Beberapa smartphone Nokia mendapatkan review yang baik, termasuk Nokia 7 Plus ini yang telah dilengkapi dengan fitur NFC. Smartphone ini juga memiliki fitur kamera yang menarik, yang bernama "Bothie" yaitu fitur yang memungkinkan penggunaan kamera depan dan belakang secara bergantian untuk mendapatkan video yang lebih menarik. Harga untuk Nokia 7 Plus ini sekitar $364 atau kurang lebih Rp 4.7 jutaan.

Daftar Smartphone Terjangkau yang Memiliki Fitur NFC
Ingin menikmati fitur NFC tetapi budget terbatas? Tak perlu khawatir karena masih banyak smartphone dengan harga terjangkau yang telah memiliki fitur NFC. Inilah beberapa diantaranya.

NOKIA 3

Nokia 3 (via nokia.com)
Kembali Nokia menunjukkan bahwa smartphone murah bukan berarti tak bisa memiliki fitur mewah. Nokia 3 buktinya. Smartphone dengan harga yang terjangkau ini telah dilengkapi fitur NFC. Tetapi smartphone ini tidak direkomendasikan untuk bermain game mobile dan multitasking berat. Harga Nokia 3 sekitar $175 atau kurang lebih Rp 2.275 juta.

SONY XPERIA L1

Sony Xperia L1 (via techadvisor)
Sony merupakan salah satu merk smartphone yang memiliki ciri khas pada desainnya sehingga smartphone ini banyak disukai. Selain itu ciri khas lain dari smartphone Sony adalah harganya yang cukup tinggi. Tetapi berbeda dengan seri Xperia L1 ini dimana harganya cukup terjangkau dan yang lebih menarik smartphone ini telah memiliki fitur NFC. Ingin menggunakan smartphone berkelas dengan fitur mewah tetapi harga terjangkau, smartphone ini jawabannya. Harga Sony Xperia L1 kurang lebih $160 atau sekitar Rp 2 jutaan.

Itulah beberapa smartphone terbaik yang memiliki fitur NFC, mulai dari smartphone flagship dengan harga yang sangat tinggi, hingga smartphone yang harganya terjangkau. Jika yang dicari adalah NFC maka sesuaikan saja dengan budget. Tentunya masih ada beberapa smartphone lain yang memiliki NFC selain daftar di atas.

Bagaimana, tertarik?



2 comments: