Samsung Galaxy A80 vs ASUS Zenfone 6: Duel Flippy Camera Smartphone - SFMedia

Breaking

Saturday, August 3, 2019

Samsung Galaxy A80 vs ASUS Zenfone 6: Duel Flippy Camera Smartphone

Tren layar full-view pada smartphone sampai saat ini belum juga menunjukkan tanda-tanda akan berakhir. Beberapa brand berlomba-lomba merancang smartphone dengan layar full-view, dengan merancang berbagai sistem dan pendekatan, mulai dari yang paling "ekstrim" yaitu menghilangkan kamera depan seperti yang dilakukan Vivo pada seri APEX, hingga melakukan berbagai metode seperti pop-up, slider, hingga flip-camera. Khusus yang disebut terakhir, flip-camera pada smartphone untuk saat ini tak banyak yang menggunakan sistem ini. ASUS Zenfone 6 menjadi yang paling populer, dan satu lagi Samsung Galaxy A80.


Untuk Galaxy A80 memang tak disebutkan secara khusus menggunakan flip-camera karena memang memiliki sedikit perbedaan mekanisme dalam penggunaan kamera untuk mengambil foto selfie, tetapi memiliki sedikit kemiripan dengan milik ASUS yang secara terang-terangan menyebutkan flip-camera. Nah, terlepas dari apapun sebutannya, dua smartphone ini sepertinya sangat layak untuk diadu secara keseluruhan. Jadi, siapapun yang masih belum memutuskan smartphone mana yang akan dibeli antara kedua smartphone itu, simak sampai tuntas artikel ini.

SPESIFIKASI SINGKAT

SAMSUNG GALAXY A80
ASUS ZENFONE 6
Aluminum frame, GG3 front, GG6 back
Aluminum frame, GG6 front, GG back
165.2x76.5x9.3mm, 220g
159.1x75.4x9.2mm, 190g
6.7" sAMOLED, 20:9, 2400:1080px, 393ppi
6.4" IPS LCD, 19.5:9, 2340:1080px, 403ppi
Main: 48MP, f/2.0, 26mm
Wide: 8P, f/2.2, ~12mm
ToF Camera
Main: 48MP, f/1.8, 25mm
Wide: 13MP, f/2.4, ~11mm
Snapdragon 730
Snapdragon 855
8GB; 128GB
6/8GB; 64GB/128GB/256GB, microSD
Android 9.0 Pie; One UI
Android 9.0 Pie; Zen UI
3330mAh, 25W charging (QC4+, USB PD)
5000mAh, 18W charging (QC4+, USB PD)
Under-display, optical
Rear-mounted, capacitive
Crickets
Stereo speakers, 3.5mm jack, reverse charging

Dari perbandingan spesifikasi kunci sudah terlihat jelas, tak ada yang benar-benar bisa unggul karena keduanya memiliki keunggulan sendiri-sendiri. Misal sebut saja di bagian prosesor yang, well, tentu sangat berbanding jauh. ASUS menang disini bagaimanapun juga. Kemudian juga ASUS memiliki pilihan RAM dan memori internal yang lebih bervariasi. Tetapi Samsung mampu melakukan serangan balik di bagian layar Super AMOLED-nya yang jelas lebih baik daripada IPS LCD-nya ASUS. Selain itu sistem sidik jari sudah ada di balik layar, lebih canggih daripada sensor sidik jarinya ASUS.

KAMERA
Nah, bagian ini akan menjadi yang paling menarik di antara keduanya. Samsung disini menggunakan sistem yang unik, berbeda dari apa yang dilakukan brand lain demi mendapatkan layar full-view. Kamera utama smartphone Galaxy A80 ini, yang sebesar 48MP f/2.0 dan 8MP f/2.2 ini akan berputar dan langsung bisa digunakan sebagai kamera depan begitu fungsi kamera depan diaktifkan. Jika diamati bagian belakang, terdapat semacam garis potongan yang mana panel di sebelah atas garis tersebut akan bergerak naik beserta kameranya, dan kemudian kameranya akan berputar menghadap ke depan begitu fungsi kamera depan diaktifkan.


Sementara untuk ASUS, pendekatan yang dilakukan kurang lebih sama tetapi ASUS menempatkan semacam pivot atau as sebagai pusat putaran. Cara kerjanya kurang lebih sama, kamera utama yang sebesar 48MP f/1.8 dan 13MP f/2.4 ini akan berputar menghadap ke depan jika fungsi kamera depan diaktifkan. Yang membedakan adalah, pengguna bisa mengatur sudut pengaturan kamera ini sesuka hatinya. Jadi, kamera ASUS Zenfone 6 ini bisa digunakan untuk menangkap gambar di belakang, atas - dengan berbagai sudut pengambilan, hingga depan.


Secara tampilan, jika fungsi kamera depan diaktifkan, Samsung Galaxy A80 terlihat lebih kokoh karena ada panel yang mengelilingi kamera tersebut. Sementara kamera ASUS terlihat rapuh, meskipun tentu saja ASUS telah melakukan pengujian untuk ketahanan kameranya ini. Secara estetika, ketika kamera depan aktif, Samsung Galaxy A80 juga terlihat lebih "normal." Tetapi untuk bagian yang satu ini akan murni selera, jadi tak perlu meributkan bagian ini. (video: sumber)

HASIL KAMERA BELAKANG
Bagus tidaknya hasil foto dari sebuah kamera smartphone tentu merupakan akumulasi dari banyak faktor, termasuk selera pengguna. Jadi pada bagian ini pengguna bisa menilai sendiri mana foto yang lebih sesuai dengan seleranya. Secara umum keduanya, Samsung Galaxy A80 dan ASUS Zenfone 6 menghasilkan gambar yang - jika diambil dalam kondisi cahaya yang cukup - kurang lebih mirip, sama-sama berkualitas tinggi, dan jika ada perbedaan mungkin gambar Samsung Galaxy A80 agak sedikit "sharp" di beberapa bagian. 

Sementara untuk foto dengan cahaya yang kurang alias low-light, ASUS Zenfone 6 bisa dikatakan sedikit lebih unggul daripada Samsung Galaxy A80. Foto dari Zenfone 6 terlihat lebih detail dan warnanya lebih natural. Tetapi tak perlu khawatir karena kedua smartphone ini memiliki mode malam yang bisa digunakan untuk mendapatkan hasil foto yang baik ketika kondisi lingkungan sedang minim cahaya. Tetapi sekali lagi, hasil foto ASUS Zenfone 6 terlihat lebih baik.

HASIL KAMERA DEPAN
Karena menggunakan kamera utama sebagai kamera depan, hasilnya tak jauh berbeda dengan apa yang ditunjukkan dari kamera kedua smartphone ini. Tetapi kembali lagi ke selera, karena selera setiap pengguna dalam menilai setiap gambar berbeda maka bisa jadi hasilnya akan berbeda. Keuntungannya, ketika mengambil selfie, pengguna bisa memaksimalkan fitur yang ada di kamera utamanya karena kamera kedua smartphone ini bisa dibilang memiliki tugas ganda. Tetapi secara teknis, selfie yang dihasilkan ASUS Zenfone 6 terlihat lebih baik daripada kompetitornya, tetapi Samsung Galaxy A80 memproses gambar HDR dengan lebih baik.


HARGA
Nah! Setelah semuanya, bagian ini menjadi salah satu faktor penting bagi pengguna ketika memutuskan untuk membeli sebuah smartphone baru. Smartphone pertama, Samsung Galaxy A80 sudah dijual secara resmi di Indonesia dengan harga yang ditawarkan sebesar Rp 9.499.000 atau Rp 10 juta kurang satu rupiah. Cukup tinggi. Samsung juga membuat edisi khusus Blackpink untuk Galaxy A80 ini dan dibandrol dengan harga sekitar Rp 15 jutaan....

Sementara untuk ASUS, harga yang ditawarkan cukup bervariasi tergantung dari besaran RAM dan memori internal. Smartphone ASUS Zenfone 6 dengan RAM 6 GB/ROM 64 GB Rp 8 jutaan, RAM 6 GB/ROM 128 GB Rp 9 juta, dan varian tertinggi dengan RAM 8 GB/ROM 256 GB Rp 9,7 juta. Untuk harga, ASUS bisa dibilang lebih unggul karena dengan harga yang kurang lebih sama, sudah mendapatkan Snapdragon 855, yang tentu merupakan chipset flagship untuk saat ini. Tetapi ASUS Zenfone 6 belum rilis secara resmi di Indonesia.


No comments:

Post a Comment