Oppo Rilis Smartphone Minimalis nan Manis - SFMedia

Breaking

Thursday, April 25, 2024

Oppo Rilis Smartphone Minimalis nan Manis

Penggemar smartphone bakal dihujani berbagai smartphone baru dalam waktu dekat. Bagi penggemar flagship out of the box tentu saja bisa melirik Huawei Pura 70 Series. Untuk seri kelas menengah tentu memberikan pilihan yang lebih banyak, termasuk diantaranya adalah smartphone terbaru Oppo, yaitu K12. Meskipun belum diketahui apakah smartphone yang sudah dirilis di China ini juga akan dirilis di luar pasar China. 


Oppo K12 sejatinya merupakan kembaran dari OnePlus Nord CE 4, benar-benar kembaran hingga hanya berubah brand saja. Dengan demikian secara desain bisa dibilang Oppo K12 ini terlihat minimalis namun manis untuk ukuran Oppo. Oppo biasanya selalu mendesain smartphone dengan desain yang gegap gempita dan meriah, yang terkadang malah terlihat kurang menarik. Tetapi Oppo K12 ini meskipun yaa, cuma rebrand tetapi gak masalah karena itu tadi, desainnya malah menarik.


Secara spesifikasi, karena smartphone terbaru Oppo K12 ini sama dengan OnePlus Nord CE 4 maka Oppo K12 dibekali dengan chipset Snapdradon 7 Gen 3. Chipset ini dikenal bandel untuk smartphone kelas menengah apalagi chipset ini sudah mengalami peningkatan performa CPU dan GPU sekitar 15-50% daripada chipset generasi sebelumnya. Performa tersebut didukung dengan RAM up to 12GB dan memiliki kapasitas penyimpanan up to 512GB.


Salah satu yang menjadi unggulan Oppo K12 adalah daya tahan baterai, dimana smartphone terbaru Oppo ini memiliki daya yang super lega yaitu mencapai 5,500mAh dengan teknologi pengisian cepat Oppo Flash Charge mencapai 100W sehingga untuk mengisi baterai sampai 100% hanya dibutuhkan waktu sekitar 27 menit.


Di bagian kamera, tak terlihat jor-joran kamera karena Oppo K12 hanya memiliki dua kamera belakang dengan satu ring-flash di bagian paling bawah. Penempatan kamera juga tak aneh-aneh, sekilas seperti Samsung Galaxy A35 atau A55, yang vertikal di sebelah kiri dengan housing sederhana. Sekali lagi minimalis namun manis. Oppo sebaiknya tetap mempertahankan desain-desain seperti ini karena asli, lebih menarik.


Dua kamera ini masing-masing memiliki resolusi 50MP yang dilengkapi dengan OIS dan 8MP ultrawide. Untuk bagian depan, terdapat satu kamera guna kebutuhan selfie beresolusi 16MP. Kamera depan ini terpasang di bagian atas tengah di layar berpanel AMOLED sebesar 6,7 inchi dengan resolusi FullHD+, refresh rate 120Hz, HDR10Plus dan memiliki kecerahan layar mencapai 1.000 knit. Smartphone dengan layar sedikit bongsor ini memiliki ketebalan mencapai 8,37 mm dan bobot mencapai 186 gr.


Sebagai smartphone kelas menengah, Oppo telah menyematkan beberapa fitur canggih seperti teknologi pendingin liquid vapor chamber, sertifikasi IP54, stereo speaker, NFC, IR Blaster, 5G Coverage 360 derajat, dan beberapa teknologi lainnya. Untuk ketersediaan warna, terdapat dua macam pilihan warna yaitu Clear Sky dan Starry Night. Oppo K12 tersedia dalam beberapa varian dibedakan dari kapasitas RAM dan storage, yang berpengaruh pada harganya. Bisa dilihat di bawah ini:


Oppo K12 8 GB/256 GB: 1.899 yuan (sekitar Rp 4,2 juta)

Oppo K12 12 GB/256 GB: 2.099 yuan (sekitar Rp 4,6 juta)

Oppo K12 12 GB/512 GB: 2.499 yuan (sekitar Rp 5,5 juta)

No comments:

Post a Comment