Sony Xperia XZ1 and XZ1 Compact: Serupa tapi Beda - SFMedia

Breaking

Saturday, November 25, 2017

Sony Xperia XZ1 and XZ1 Compact: Serupa tapi Beda

Sony kembali merilis dua produk smartphone terbarunya yang dirancang serupa tetapi tak sama, yaitu Sony Xperia XZ1 danXZ1 Compact. Sony rasanya memang agak "pelit" untuk membuat sebuah desain yang berbeda untuk smartphone terbarunya ini karena kedua smartphone ini memiliki desain yang tak banyak berbeda dengan smartphone-smartphone Sony lainnya dengan bentuk yang khas; persegi panjang dengan sudut yang cukup tajam.


Meski begitu, keduanya memiliki spesifikasi yang tak main-main; prosesor Snapdragon 835, 4GB RAM, dengan kamera dengan resolusi sebesar 19 MP. Spesifikasi singkat tersebut cukup bisa menggambarkan bahwa Sony Xperia XZ1 dan XZ1 Compact memiliki spesifikasi kekinian dengan tampilan tradisional. Yang membedakan keduanya adalah ukurannya, dimana Xperia XZ1 memiliki layar sebesar 5.2 inchi, sementara "adiknya" yang memiliki embel-embel Compact memiliki layar yang lebih kecil yaitu 4.6 inchi.
Spesifikasi singkat tersebut cukup bisa menggambarkan bahwa Sony Xperia XZ1 dan XZ1 Compact memiliki spesifikasi kekinian dengan tampilan tradisional.
Selain desainnya yang khas, Sony juga membandrol keduanya dengan harga khas Sony yang lumayan tinggi. Untuk Xperia XZ1, Sony membandrolnya dengan harga $599, sementara untuk adiknya XZ1 Compact dibandrol dengan harga yang tak terpaut banyak sekitar $560. Sistem penjualannya sendiri kini Sony langsung mencoba sistem direct dengan menggandeng Amazon.

Sony Xperia XZ1 dan XZ1 Compact menggunakan prosesor dari Qualcomm yakni Snapdragon 835 yang cukup mutakhir, serta telah menggunakan OS Android 8.0 Oreo dengan interface khas Sony, satu kamera utama dengan resolusi 19 MP, sertifikasi IP68 yang membuat smartphone ini tahan air, RAM sebesar 4GB, USB Type-C dengan Fast Charging 3.0. Ruang penyimpanan seri XZ1 lebih besar daripada XZ1 Compact, sebesar 64GB berbanding 32GB tetapi keduanya didukung tambahan ruang menggunakan microSD mencapai 256GB.


Satu buah kamera utama juga menjadi satu hal yang mungkin membuat orang menganggap smartphone ini terlalu mahal. Sony mungkin memiliki pendekatan yang berbeda dalam hal penggunaan kamera dalam sebuah smartphone dan itu juga sesuatu yang bisa diperdebatkan serta tergantung selera masing-masing pengguna. Tetapi tentu saja Sony tak lupa untuk memberi kamera depan untuk dua bersaudara ini. Xperia XZ1 memiliki kamera depan sebesar 13 MP sementara untuk seri XZ1 Compact memiliki kamera depan sebesar 8 MP.

Namun yang perlu diingat adalah sebagian besar smartphone populer menggunakan kamera buatan Sony, maka tentunya meski kedua smartphone ini hanya memiliki satu kamera utama, Sony tidak akan menggunakan kamera yang biasa-biasa saja. Xperia XZ1 dan XZ1 Compact memiliki sensor "Motion Eye" pada kameranya yang sudah banyak dikenal karena memiliki kemampuan yang baik dalam menangkap gambar, baik dalam kondisi cahaya yang baik ataupun kurang baik.

Secara garis besar, Sony Xperia XZ1 dan XZ1 Compact adalah smartphone yang bagus, meski tanpa fingerprint, memiliki body serta bezel tebal, kamera yang cukup tetapi didukung software kamera yang bagus dan lengkap, resolusi layar kecil meskipun memiliki warna yang bagus, serta kapasitas baterai yang tak cukup besar meski bisa digunakan sehari kerja.
Kamera memang fitur yang debatable. Tetapi tidak dengan baterai. Kedua smartphone Sony ini memiliki desain tradisional, mirip dengan smartphone Sony terdahulu seperti yang telah disebutkan di atas. Selain itu, body keduanya juga cukup tebal, sekilas mirip powerbank. Namun yang membedakan kedua smartphone ini dengan powerbank adalah kapasitas baterainya yang tak sebesar pengisi daya portabel tersebut. XZ1 Compact memiliki baterai sebesar 2,700 mAh, tak cukup besar untuk sebuah smartphone canggih yang memiliki beragam fitur seperti GPS, Bluetooth, NFC, auto-brightness, serta vibrant colors. 


Apabila semua fitur tersebut dijalankan atau on dalam waktu yang bersamaan, maka XZ1 Compact mungkin hanya akan berumur sehari kerja lebih sedikit. Sementara kakaknya mungkin akan berumur sedikit lebih lama dengan semua fitur tersebut on karena memiliki kapasitas baterai yang lebih besar. Kecuali tentu saja, jika ditambah fitur hotspot on serta digunakan untuk menonton video YouTube, maka umur keduanya akan lebih singkat lagi.

Secara garis besar, Sony Xperia XZ1 dan XZ1 Compact adalah smartphone yang bagus, meski memiliki body serta bezel tebal, kamera yang cukup tetapi didukung software kamera yang bagus dan lengkap, resolusi layar kecil meskipun memiliki warna yang bagus, serta kapasitas baterai yang tak cukup besar meski bisa digunakan sehari kerja.





1 comment: