Apa sih Istimewanya Desain Apple Sehingga Banyak yang Meniru? - SFMedia

Breaking

Friday, February 9, 2018

Apa sih Istimewanya Desain Apple Sehingga Banyak yang Meniru?

Smartphone terbaru Apple, yaitu iPhone X mungkin memang secara penjualan tidak selaku beberapa pendahulunya. Harga yang sangat tinggi diduga menjadi penyebab penjualan smartphone ini cukup lesu. Dari segi penjualan mungkin iPhone X tidak begitu laku. Tetapi dari sisi lain, iPhone X ini ternyata sangat menarik perhatian.
Buktinya, hampir smartphone baru yang akan dirilis setelah iPhone X ini mengusung desain yang mirip. Setidaknya di sektor penempatan kamera belakang yang ada di sisi kiri atas vertikal ke bawah.

Sebenarnya kalau diamati penempatan seperti itu secara estetika kurang sedap dipandang. Walaupun tentunya itu adalah faktor selera. Dan fakta di lapangan ternyata menunjukkan bahwa penempatan seperti ini banyak disukai. Buktinya banyak yang mengekor.

Atau mungkin ingin agar terlihat Apple-look.

Tercatat beberapa smartphone meniru desain penempatan kamera belakang yang vertikal  ke bawah. Sebut saja seri terbaru Huawei P20, baik itu P20 Basic, Plus, atau Lite. Ketiganya memiliki penempatan kamera belakang yang memanjang layaknya iPhone X.
Kemudian juga ada ASUS ZenFone 5 Max yang juga sama-sama belum dirilis. Dari konsep desain yang beredar bahwa smartphone ini juga akan menempatkan kamera belakang layaknya iPhone X. Lalu Xiami juga tak mau ketinggalan dengan seri Mi 6X.

Selain itu ada Small Pepper (ya, ini merk smartphone), Sharp, iLa X, Oppo R13 (rumor), Oukitel, dan mungkin ada beberapa lainnya.

Sebenarnya sah-sah saja meniru atau mengadopsi desain dari perangkat lain karena memang saat ini desain smartphone hampir tak ada yang orisinal, semuanya mirip satu sama lain. Mungkin ada beberapa yang orisinal seperti Sony dengan Xperianya, atau Motorola Moto-nya.

Selain itu yang membuat beberapa smartphone meniru smartphone lain adalah karena persaingan di industri smartphone saat ini sangat keras sehingga merilis smartphone dengan desain yang benar-benar baru akan sangat berat untuk bersaing. Kecuali Apple dan (mungkin) Samsung, serta beberapa merk lainnya.

Bahkan, baru-baru ini kloningan Apple iPhone X beredar di Tiongkok, dengan desain yang secara keseluruhan sangat mirip. Dari penempatan kamera, kemudian layar penuh, serta notch bagian atas. Smartphone yang bernama OWWO X ini bahkan juga menggunakan nama X agar semakin mirip dengan aslinya.

Sukseskah? Mencuri perhatian, mungkin. Penjualan (tidak) mungkin, kecuali di Tiongkok sendiri (lagi-lagi) mungkin.

1 comment:

  1. Artikelnya ga nyambung antara judul dengan isinya. Jadi apa yang membuat design apple itu banyak ditiru? Apa yg membuat vendor lain berlomba agar produknya terlihat "apple look"? Yang disebutin di artikel hanya "peniru"nya saja

    ReplyDelete