iPhone 16 Series Unggulkan Apple Intelligence, Apa Keistimewaannya?

Sejak peluncurannya beberapa waktu lalu, iPhone 16 Series menjadi satu topik yang ramai diperbincangkan. Bukan saja karena memang smartphone ini memiliki penggemar yang loyal di seluruh dunia, tetapi banyak orang yang penasaran dengan teknologi-teknologi baru yang diusung smartphone terbaru Apple ini. Salah satu yang cukup membuat orang penasaran adalah kemampuan AI buatan Apple yang disebut Apple Intelligence. Saking sexy-nya teknologi ini, penggemar smartphone Tiongkok menyebutkan bahwa iPhone 16 Series tidak layak dibeli jika tidak ada AI ini. Tambahan info, iPhone 16 Series khusus pasar Tiongkok memang tidak memiliki fitur AI ini.

iPhone 16 Series terdiri dari empat smartphone yang masing-masing terdiri dari iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, dan iPhone 16 Pro Max. Keempatnya menggunakan chipset terbaru Bionic A18, dengan sedikit peningkatan kemampuan chipset untuk model iPhone 16 Pro dan 16 Pro Plus, dengan Bionic A18 Pro. Keempat model iPhone 16 Series menggunakan sistem operasi iOS18 terbaru.

Chipset terbaru tersebut merupakan satu hal penting yang mendukung kinerja smartphone terbaru iPhone 16 Series ini sehingga kinerja AI pun bisa ditingkatkan ke level selanjutnya. Apple Intelligence di smartphone terbaru Apple ini nantinya akan terintegrasi ke dalam berbagai fitur-fitur yang ada di smartphone terbaru tersebut. Bahasa yang digunakan dalam AI ini akan dirilis pertama kali dalam Bahasa Inggris - Amerika, kemudian menyusul bahasa-bahasa lain di dunia. 

Lalu apa saja yang membuat AI ini menarik?

  • Meningkatkan Kemampuan Siri - Siri merupakan assistant buatan Apple untuk smartphone mereka yang dikenal karena kepintarannya. Di iPhone 16 Series terbaru ini kemampuan Siri akan lebih ditingkatkan dengan adanya Apple Intelligence. 
  • Membuat Emoji - Emoji merupakan satu fitur yang cukup disukai pengguna smartphone. Mengubah berbagai gambar untuk disematkan di tengah-tengah percakapan dinilai menjadi suatu hal yang menyenangkan dan menarik. AI terbaru di iPhone 16 Series ini juga memungkinkan pengguna untuk membuat emoji sendiri.
  • Image Playground - fitur ini mirip seperti AI image generator semacam Midjourney, yang memungkinkan pengguna untuk membuat gambar berdasarkan deskripsi. Selain itu pengguna juga bisa membuat gambar melalui image suggestion yang dimasukkan pengguna ke fitur tersebut.
  • Expressive Picture - fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengedit foto dengan lebih cepat dan mudah dengan hasil yang nyaris sempurna. Misalnya pengguna bisa menambahkan suatu objek pada sebuah foto secara mandiri tanpa harus menguasai skill olah foto menggunakan aplikasi macam Adobe Photoshop.
  • Menghapus Objek - fitur ini kebalikan dari fitur sebelumnya. Dengan menggunakan fitur ini pengguna bisa menghapus objek yang tak diinginkan dari sebuah foto dengan cepat dan mudah.
  • Writing Tools - Sesuai namanya fitur ini merupakan fitur AI yang berhubungan dengan pengolahan kata. Melalui fitur ini pengguna bisa melakukan berbagai hal seperti melakukan proofreading, paraphrasing dengan variasi pada tone hingga jenis wordingnya. 
  • Transcript & Summarize - fitur ini sangat berguna bagi orang yang sering melakukan wawancara atau dialog karena fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan perekaman sekaligus membuat ringkasan dari rekaman tersebut dengan cepat.
Itulah beberapa fitur unggulan yang ditingkatkan berkat adanya AI yang terintegrasi ke dalam smartphone iPhone 16 Series terbaru. Beberapa fitur memang bisa menjadi berbahaya jika disalahgunakan sehingga kebijaksanaan pengguna sangat ditekankan untuk AI yang semakin canggih. 

Post a Comment

0 Comments