Akankah Microsoft Menjadi yang Pertama Merilis Foldable Device? - SFMedia

Breaking

Thursday, October 26, 2017

Akankah Microsoft Menjadi yang Pertama Merilis Foldable Device?

Meskipun telah mengkonfirmasi bahwa perangkat berbasis Windows Mobile tidak akan diproduksi lagi, pabrikan raksasa penguasa sistem operasi komputer Microsoft ternyata tidak bisa menahan diri untuk tidak mengembangkan perangkat baru. Bahkan rumor yang santer beredar, perangkat baru yang konon akan dirilis tahun depan ini merupakan perangkat lipat atau foldable device yang dilengkapi dengan pen dengan sistem operasi Windows 10. Meski perangkat ini bukan berupa smartphone seutuhnya, namun langkah Microsoft ini patut ditunggu mengingat banyak sekali rumor mengenai foldable device namun belum ada yang terwujud.
foldable device, tablet lipat, perangkat lipat, foldable tablet, miscrosoft tablet, smartphone lipat terbaru,
Foldable device memang merupakan salah satu rumor yang santer beredar di tengah perkembangan teknologi smartphone disamping on screen finger print. Dengan desain smartphone yang nyaris tidak ada perubahan signifikan, perangkat foldable memang akan memberikan angin segar, dan langkah Microsoft untuk memproduksi foldable device ini jika memang benar-benar terwujud akan memberikan sebuah pengalaman baru yang belum pernah dirasakan sebelumnya.
foldable device, tablet lipat, perangkat lipat, foldable tablet, miscrosoft tablet, smartphone lipat terbaru,
Dengan nama Andromeda, saat ini perangkat lipat Microsoft ini masih berupa prototype. Prototype ini merupakan sebuah tablet yang menggunakan sistem operasi Windows Core yang berbasis Windows 10. Sebelum rumor tentang foldable device Microsoft yang - jika benar-benar terwujud - akan diberi nama Andromeda, sebelumnya juga pernah terdengar rumor jika Microsoft juga tengah mengembangkan tablet lipat beberapa waktu yang lalu yang diberi nama Microsoft Courier.

Mengapa foldable device?

Kemungkinan yang paling logis adalah agar meskipun berupa tablet, perangkat ini bisa dibawa kemana-mana tanpa repot karena bisa dimasukkan ke dalam saku layaknya smartphone. Perangakat ini juga memiliki fungsi komunikasi; melakukan panggilan ataupun mengirim pesan berbasis teks. Jika memang seperti itu dan Microsoft benar-benar bisa mewujudkan perangkat lipat ini maka Microsoft telah melakukan sebuah pendekatan dan tren baru dengan foldable device ini, jika tidak bisa disebut "Pocket Netbook."
foldable device, tablet lipat, perangkat lipat, foldable tablet, miscrosoft tablet, smartphone lipat terbaru,
Perangkat ini memiliki pen dan dilengkapi dengan Windows Ink. Selain itu, untuk mendukung kinerja dari foldable device atau pocket netbook ini, Microsoft akan menggunakan prosesor terbaru dan termutakhir yaitu ARM yang merupakan prosesor Snapdragon yang bahkan belum dirilis secara resmi sampai saat ini.

Kemudian apakah kemunculan perangkat lipat Microsoft ini akan mengancam eksistensi Apple dan Android? Sepertinya tidak. Seperti yang telah diungkapkan di atas bahwa Microsoft secara resmi telah menghentikan produksi Windows Phone, sehingga kemungkinan besar Windows akan membuka pasar baru dengan perangkat lipatnya ini. Bahkan jika boleh dibilang, perangkat lipat ini akan sangat sempurna untuk digunakan sebagai pendukung pembelajaran di sekolah.

Meski telah santer beredar mengenai Windows Andromeda ini, informasi detail tentang perangkat ini masih sangat terbatas, khususnya pada spesifikasi lengkapnya. Banyak yang belum bisa diketahui seperti ukuran layar, atau juga apakah akan ada jarak antara dua layar atau tidak, kemudian juga informasi harga, atau tampilan secara keseluruhan. Bahkan nama Andromeda sendiri juga masih belum tentu akan digunakan sebagai nama resmi dari perangkat lipat ini.

Akan tetapi, terlepas dari segala hal yang terjadi, tentunya akan menarik dan patut ditunggu bagaimana Microsoft menarik perhatian konsumen diluar produk komputer mereka. Hanya waktu yang akan menjawab.  

No comments:

Post a Comment