Deretan Smartphone Baru yang Akan Memiliki Notch ala iPhone X - SFMedia

Breaking

Monday, February 19, 2018

Deretan Smartphone Baru yang Akan Memiliki Notch ala iPhone X

Meskipun telah beberapa lama, pengaruh iPhone X di tengah persaingan smartphone masih terasa sampai sekarang. Dan di awal tahun 2018 ini, smartphone addict dari seluruh dunia akan semakin akrab dengan sesuatu yang akhir-akhir ini sering disebut, yaitu "notch."

Notch balok? Bukan. Hmm..ingat desain iPhone X di bagian atas, ruang yang digunakan untuk menyematkan kamera depan dan lubang sound? Itulah notch. Yang akhir-akhir ini akan sering dijumpai terutama pada smartphone baru.

Apple memang inovator. 

Benarkah? Mungkin. Tetapi jika diingat-ingat, Essential Phone pernah merilis smartphone dengan notch kecil dibagian atas untuk menempatkan kamera depan. Sebelum kemunculan iPhone X. Who copy who?
Notch pada Essential Phone 1 yang dirilis pada bulan Mei 2017,
sementara iPhone X dirilis pada 3 November 2017.

Paling tidak, ada perbedaan antara notch milik Essential dan Apple. Dalam ilmu desain dikenal konsep, "Amati, tiru, kembangkan." Good job, Apple.

Tetapi, bagi deretan smartphone di bawah ini, konsep "amati" dan "tiru" saja sudah cukup. Karena mereka memilih mengembangkan part yang lain. Kamera misalnya. Di bawah ini adalah beberapa smartphone baru yang (diduga) memiliki notch ala iPhone X.

ASUS ZenFone 5
Dengan moto #BackTo5 yang santer dikampanyekan menjelang perkenalan keluarga ZenFone 5 series di akhir bulan ini di ajang MWC 2018, desain smartphone ini telah banyak beredar di dunia maya. Khusus untuk ZenFone 5 tanpa embel-embel Lite, Max atau Selfie (jika ada), desainnya memang sangat iPhone X oriented. Lihat saja, notch bagian depan, layar yang (hampir) penuh hingga penempatan dua kamera belakang yang sangat terlihat X.
De Javu?
Tetapi terlepas dari desainnya yang (hampir) identik dengan X, ASUS ZenFone 5 akan diluncurkan dengan sistem operasi Android terbaru yaitu Oreo, dengan dukungan prosesor Snapdragon 845 yang powerful, dan RAM yang kemungkinan sebesar 6 GB. Kemudian dengan desain layar yang seperti itu layar ZenFone 5 memiliki resolusi layar 2,246 x 1080 pixel. Sedikit tidak umum.

HUAWEI P20
Huawei juga berencana merilis penerus smartphone populer mereka, yaitu P10 dengan P20 yang kemungkinan memiliki tiga varian, yaitu Basic, Plus dan Pro. Bocoran desain pertama smartphone ini sempat mencuri perhatian karena triple-camera di bagian belakang. Dan desain bagian depan smartphone ini juga membuat kehebohan karena, ya..mirip dengan si-X. Apalagi kalau bukan di bagian notch-nya.
Notch again.
Salah satu yang diunggulkan dari P20 Series ini juga prosesor mandiri terbaru mereka, yaitu Kirin 970 yang merupakan prosesor flagship mereka. Kemungkinan Huawei akan memperkenalkan keluarga P20 ini di ajang MWC 2018 di akhir bulan Februari 2018 ini.

ULEFONE MIX2
Jika kamu adalah sebuah smartphone yang kurang terkenal, salah satu cara untuk menarik perhatian adalah dengan membuat smartphone yang mirip dengan smartphone populer. Dan Ulefone dengan sangat baik menerapkan teori tersebut. Ulefone, jika dibandingkan dengan kedua merk sebelumnya memang kalah tenar, tetapi jangan salah karena meski kalah tenar Ulefone merasa (cukup) percaya diri dengan merilis smartphone dengan desain yang terinspirasi - jika bukan meniru - iPhone X.
Tidak begitu buruk, bukan?
iLA X
Jika ada merk yang meniru bukan hanya pada desain tetapi juga pada penamaannya, inilah kandidat terbaik. Tetapi merk ini juga menerapkan teori yang sama dengan (mungkin) dipakai oleh Ulefone untuk menarik perhatian. Hasilnya memang lumayan, karena orang-orang mulai tahu bahwa ternyata ada merk ini setelah merilis smartphone yang terinspirasi dari iPhone X. Bukan hanya bagian notch-nya saja karena dual-camera di bagian belakang juga ditempatkan dengan posisi yang sama dengan si-X.
Huruf i di depan dan X di belakang. Notch dan penempatan kamera belakang yang nyaris sama. Apa lagi?
Deretan smartphone di atas tentu saja hanya beberapa dari banyaknya smartphone baru yang memiliki desain yang terinspirasi dari notch-nya Apple iPhone X. Salah? Tentu saja tidak. Yang pasti, tunggu saja kemunculan beberapa smartphone di atas dan mengujinya. 

Apa ada smartphone lain dengan notch ala iPhone X yang belum disebutkan? 

No comments:

Post a Comment