10 Widget Terbaik Untuk Membuat Tampilan Android Lebih Menarik - SFMedia

Breaking

Saturday, March 17, 2018

10 Widget Terbaik Untuk Membuat Tampilan Android Lebih Menarik

Salah satu yang membuat Android itu menarik dan banyak disukai adalah banyaknya tampilan yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Meskipun tak jarang ada yang masih menggunakan tema dari pihak ketiga atau menginstall widget tambahan untuk membuat tampilan home screen-nya terlihat lebih menarik.

Memodifikasi dengan memasang atau mencopot widget sesuai keinginan bisa dibilang juga merupakan salah satu keunggulan sistem operasi Android daripada sistem operasi iOS. Berbagai widget telah tersedia di Google Play dan pengguna bisa memilih beragam widget tambahan seperti widget cuaca, kalender, dan lainnya.

Bagi pengguna smartphone Android yang tampilan home screen-nya masih standar dan itu-itu saja, ada baiknya mencoba memasang widget agar tampilan smartphone-nya terlihat lebih menarik. Berikut adalah 10 widget terbaik yang bisa dipasang untuk membuat tampilan smartphone lebih kece.

1WEATHER


Bisa dibilang widget 1Weather merupakan salah satu widget yang terbaik yang ada saat ini. Meskipun tampilannya sedikit old-school, widget ini sangat mudah untuk diatur, dikonfigurasi, dan disesuaikan dengan keinginan pengguna. Sayangnya untuk menikmati widget ini tanpa iklan pengguna harus membayar sekitar $1,99.

BATTERY WIDGET ROOM


Terkadang icon penunjuk status baterai terlihat sangat membosankan. Dan jika itu terjadi, widget Battery Widget Room ini bisa menjadi pilihan utama untuk membuat tampilan icon baterai terlihat lebih menarik. Widget ini memiliki berbagai pengaturan baterai, seperti ukuran dan warna yang bisa disesuaikan dengan home screen-nya. Selain itu widget ini juga memiliki fitur seperti shortcut untuk bluetooth, koneksi jaringan Wi-Fi, dan semacam charts untuk aktifitas baterai. Untuk full version widget ini dikenai harga sebesar $3,49.

BEAUTIFUL WIDGETS


Sesuai namanya, widget ini bisa digunakan untuk mempercantik tampilan home screen pada smartphone. Widget ini bisa dikatakan merupakan widget yang telah lama dan cukup populer karena memiliki berbagai pilihan, seperti flip clock dan weather, bermacam-macam toggles, penunjuk baterai, yang semuanya tersebut bisa dimodifikasi sesuai keinginan pengguna. Full version dari widget inipun tidak terlalu mahal sekitar $1,99. Salah satu masalah widget ini adalah menyedot daya baterai dengan cepat.

CALENDAR WIDGET


Calendar Widget tentu saja merupakan widget yang menampilkan kalender. Widget ini terhubung dengan Google Calendar, dan mendukung kalender bulan. Pengguna bisa dengan mudah menyusun jadwal dengan kalender ini. Tampilan widget kalender ini terlihat old-school tetapi cukup menarik untuk membuat tampilan home screen terlihat berbeda. Aplikasi ini gratis, tetapi ada beberapa aplikasi di dalamnya yang harus membayar jika ingin menggunakan.

DASHCLOCK WIDGET


Widget yang satu ini bisa dibilang merupakan widget yang populer diantara pengguna smartphone. Hal ini dikarenakan widget ini sangat mudah digunakan dan memiliki beragam fungsi seperti menampilkan akun email, alarm, dan juga weather dalam waktu yang sama. Singkatnya, widget ini simple tetapi memiliki banyak kegunaan. Dan juga gratis.

GOOGLE APP


Google App merupakan widget standar yang ada di setiap smartphone. Tentu saja, tetapi Google App ini memiliki berbagai widget keren yang bisa dipilih kemudian ditampilkan di home screen untuk membuat tampilan home screen lebih menarik. Widget ini akan lebih menarik jika diintegrasikan dengan beberapa launcher seperti Pixel Laucher, Nova Launcher ataupun Lawnchair Launcher. Dan bagusnya lagi aplikasi ini gratis.

GOOGLE KEEP


Google Keep juga merupakan widget keren (dan gratis) yang bisa digunakan untuk membuat tampilan smartphone menjadi lebih menarik. Widget ini memungkinkan pengguna untuk membuat catatan, baik itu berbentuk teks ataupun suara. Widget ini juga bisa diatur sesuai keinginan, misalnya tampilan yang lebih sederhana untuk memaksimalkan fungsi membuat catatan lebih cepat. 

IFTTT


Widget dengan nama yang cukup aneh ini bisa dibilang merupakan widget yang powerful. Salah satu fiturnya yang menarik adalah tombol yang bisa mengaktifkan perintah jika ditekan. Untuk menggunakannya memang tidak bisa instan karena tampilannya yang sedikit membingungkan. Tetapi jika sudah terbiasa maka hal itu tidak menjadi masalah. Dan untungnya lagi widget ini gratis.

MUZEI LIVE WALLPAPER


Live wallpaper juga bisa dipilih untuk membuat tampilan home screen menjadi lebih menarik. Dengan tampilan wallpaper yang seolah bergerak tentunya berbeda dengan wallpaper standar yang statis. Widget ini menyediakan berbagai live wallpaper dan juga widget tambahan seperti berbagai launcher. Untuk widget yang gratis, widget ini merupakan salah satu yang paling lengkap.

TODOIST


Jika membicarakan widget paling lengkap dan paling menarik, Todoist tentu akan masuk dalam daftar tersebut. Secara keseluruhan widget ini terlihat sangat menarik, dengan warna yang mencolok dan cerah, dan tentunya mudah digunakan. Untuk versi free-nya, fitur yang bisa dinikmati diantaranya adalah task dan jadwal. Untuk bisa menggunakan versi lengkap, pengguna harus membayar sekitar $28,99 per tahun.

Itulah 10 widget terbaik untuk Android yang bisa digunakan untuk mempercantik tampilan home screen smartphone. Widget tersebut akan menjadi lebih optimal jika digabungkan dengan beberapa launcer seperti Pixel atau Nova Launcer.

1 comment: