Mengenal MicroLED, Teknologi Layar yang Akan Digunakan oleh Apple - SFMedia

Breaking

Wednesday, March 21, 2018

Mengenal MicroLED, Teknologi Layar yang Akan Digunakan oleh Apple

Apple memang selalu menarik perhatian. Setelah dikabarkan tidak akan mengadopsi notch untuk smartphone mereka di masa depan, kabar lain menyebutkan bahwa Apple akan mengembangkan teknologi baru yang akan mereka gunakan pada layar smartphone baru mereka. 

Layar OLED pada iPhone (via MacRumors)
Selama ini Apple menggunakan OLED untuk iPhone, dan teknologi layar yang akan dikembangkan oleh Apple ini disebut-sebut memiliki kecerahan, akurasi warna, dan daya tahan yang lebih baik daripada layar-layar yang digunakan pada sebagian besar smartphone saat ini.

Tentu saja juga bukan AMOLED. Karena sekali lagi, Apple akan mengembangkan teknologi layar ini secara mandiri. Artinya teknologi layar ini merupakan sebuah teknologi yang baru - atau bisa juga pengembangan dari teknologi yang telah ada sebelumnya.

Teknologi layar yang sedang dikembangkan oleh Apple bernama MicroLED.

Teknologi apa lagi ini?

Rancangan layar LCD TFT (via PhoneArena)
Saat ini, hampir semua smartphone menggunakan layar Light-Emitting Diode atau dikenal dengan LED. Teknologi layar ini memberikan tampilan backlight yang disaring melalui beberapa lapisan yang terdiri dari polarizers, color filters, dan beberapa lainnya untuk menciptakan citra atau image. Sementara OLED atau Organic Light-Emitting Diode tidak memerlukan backlight untuk menampilkan image.

Lalu bagaimana dengan MicroLED?

Hampir sama dengan OLED yang tidak memerlukan backlight, MicroLED terdiri dari tiga sub-pixel yang mampu menghasilkan cahayanya sendiri. Hal ini membuat MicroLED mampu memberikan aspek rasio layar yang baik serta berwarna hitam pekat layaknya layar OLED, tetapi tentu saja dengan beberapa perbedaan. Dan perbedaan ini menjadikan MicroLED (disebut-sebut) lebih baik daripada layar OLED.

Salah satunya adalah ketahanan MicroLED yang lebih baik daripada OLED. Hal ini dikarenakan salah satu panel MicroLED terbuat dari material bernama Gallium Nitrade (GaN) yang mampu memberikan kecerahan 30 kali daripada layar OLED, dan juga tidak menghasilkan burn-in yang menjadi salah satu masalah utama pada layar OLED.

Lalu apakah MicroLED ini sudah sempurna?

Perbedaan antara LCD, OLED, dan MicroLED (via wccftech)
Tentu saja tidak ada yang sempurna di dunia ini, apalagi jika itu adalah buatan manusia. Untuk saat ini memang belum ditemukan permasalahan teknis pada MicroLED karena layar ini masih dalam tahap pengembangan. Dan sebagai langkah pertama, Apple telah membeli sebuah perusahaan pembuat MicroLED LuxVue.

Pembelian perusahaan tersebut telah dilakukan sejak tahun 2014 lalu dan sampai sekarang Apple masih mempertimbangkan tentang teknologi tersebut. Satu-satunya masalah Apple dalam mengembangkan teknologi MicroLED saat ini adalah layar ini sangat sulit dibuat dan membutuhkan biaya yang sangat besar.

Artinya, MicroLED belum akan digunakan pada perangkat smartphone Apple di tahun ini. Tahun depan. Atau bahkan tahun depannya lagi.

Salah satu produk Apple yang paling mungkin menggunakan MicroLED dalam waktu dekat adalah Apple Watch. Dengan ukuran yang tidak terlalu besar, tentunya hal itu akan memberikan kemudahan bagi Apple. Termasuk juga dalam urusan budget.

Jadi?

Jadi, untuk penggemar iPhone mungkin belum akan menikmati MicroLED dalam waktu dekat. Bisa jadi Apple masih akan menggunakan OLED yang dipasok dari Samsung - rival terberat Apple di industri smartphone. Tetapi Apple juga menggunakan teknologi layar buatan LG pada iMacs dan MacBook. Lalu apakah Apple akan menggabungkan teknologi dari Samsung dan LG untuk menciptakan sebuah teknologi layar? Tunggu saja.

Namun sepertinya Apple juga harus waspada karena mereka bukan satu-satunya yang mengembangkan MicroLED. Sang rival utama, Samsung diam-diam juga memiliki produk MicroLED pada sebuah perangkat yang mereka namakan The Wall, sebuah TV berukuran jumbo 146 inci yang mulai bisa dibeli di tahun 2018 ini.

Tetapi terlepas dari hal tersebut, Apple Smart Watch adalah perangkat yang paling mungkin mendapatkan MicroLED dalam waktu dekat, mengingat berbagai aspek yang mengelilingi teknologi ini. Sementara untuk iPhone yang menggunakan MicroLED, nampaknya belum akan bisa dinikmati satu atau dua tahun ke depan. Tiga tahun lagi mungkin.

Tunggu saja.

1 comment: