11 Fitur Tersembunyi Samsung Galaxy S9 yang Tak Banyak Diketahui - SFMedia

Breaking

Sunday, April 1, 2018

11 Fitur Tersembunyi Samsung Galaxy S9 yang Tak Banyak Diketahui

Salah satu keunggulan smartphone Android daripada iPhone adalah kemudahan dalam melakukan kustomisasi terutama pada banyaknya theme pack yang bisa dicoba. 

Kustomisasi memang seringkali dilakukan oleh para pengguna smartphone Android, dengan disesuaikan pada selera sehingga smartphone mereka terasa lebih pribadi. Tak terkecuali untuk Samsung Galaxy S9 yang ternyata memiliki beberapa fitur tersembunyi yang tak banyak diketahui.

Tetapi bagi para pengguna lama Samsung, fitur-fitur tersembunyi tersebut telah ada dan bisa dicari. Sementara bagi para pengguna baru Samsung, 11 fitur tersembunyi ini bisa dicoba untuk memaksimalkan Samsung Galaxy S9 yang tentunya akan menambah "keganasan" smartphone ini, seperti dikutip dari Business Insider.

1. Fitur Untuk Menajamkan Layar


Secara default, kedalaman layar Galaxy S9 adalah 1080p. Tetapi ternyata kedalaman layar ini bisa ditingkatkan menjadi jauh lebih tajam menjadi 1440p. Bagaimana caranya? Caranya sangat mudah yaitu cukup masuk ke menu Setting > Display > Screen resolution kemudian rubah dari FHD+ menjadi WQHD+.

2. Membuat Layar Menjadi Lebih Halus Ketika Malam Hari


Fitur ini sebenarnya banyak terdapat di smartphone-smartphone baru. Fitur yang disebut sebagai Night Shift ini juga terkadang disebut Blue Light Filter. Cara kerja fitur ini adalah mengurangi intensitas warna biru pada layar. Pada Samsung Galaxy S9, fitur ini bisa ditemukan pada menu Setting > Display > Blue Light Filter > Turn on as Scheduled. Pengguna bisa menentukan waktu yang diinginkan sesuai selera.

3. Merapatkan App-Icon di Home Screen


Secara tampilan default, app-icon yang ada di Home Screen disusun dengan jarak yang lumayan lebar antara satu sama lain. Bagi sebagian pengguna, tampilan ini mungkin kurang nyaman. Dan untungnya, tampilan ini bisa dirubah yaitu dengan menuju ke menu Setting > Display > Home Screen > Home Screen Grid.

4. Memaksimalkan Layar 18:9


Tampilan layar kekinian 18:9 memang membuat smartphone terlihat lebih cantik. Tetapi hal ini belum tentu didukung oleh beberapa aplikasi yang belum memaksimalkan layar 18:9. Jadi, ada beberapa aplikasi yang masih menggunakan tampilan layar 16:9 pada smartphone berlayar 18:9. Tak kekurangan akal, Samsung bisa memaksimalkan tampilan aplikasi tersebut menjadi tampilan 18:9. Caranya adalah menuju ke Setting > Display > Full Screen Apps.

5. Memunculkan Panel Notifikasi dari Layar Manapun
Secara umum, tampilan notifikasi pada smartphone bisa dimunculkan dengan menyapu bagian atas perangkat. Hal yang sama juga ditemui pada Samsung Galaxy S9. Bedanya, Samsung juga menyertakan fitur yang bisa memunculkan notifikasi tanpa harus menyapu bagian atas smartphone. Dari mana saja di bagian layar, pengguna bisa memunculkan panel notifikasi dengan menyapu ke bawah. Caranya adalah menuju ke Setting > Display > Home screen > Quick-open Notification Panel.

6. Merubah Pola Getar Smartphone Ketika ada Notifikasi Masuk


Getar pada smartphone adalah salah satu tanda ketika ada notifikasi masuk, disamping dengan tanda suara. Pada Samsung Galaxy S9, pola getar bisa dirubah selera, sesuai notifikasi yang masuk. Misal notifikasi dari sosial media bisa berbeda dengan notifikasi dari pesan chat. Untuk mengaktifkan fitur ini langsung saja ke menu Setting > Sounds and Vibration > Vibration Pattern.

7. Mengurangi Intensitas Getaran


Intensitas getaran pada smartphone terkadang bisa terlalu tajam dan hal itu juga ditemui pada Samsung Galaxy S9. Untungnya intensitas getaran pada Samsung Galaxy S9 bisa dikurangi tingkat ketajamannya. Langsung saja ke menu Setting > Sounds and vibration > Vibration intensity. 

8. Efek Suara


Speaker yang digunakan Samsung Galaxy S9 merupakan speaker Dolby Atmos yang sudah terkenal akan kualitasnya. Tetapi meski begitu ternyata Samsung juga menyertakan berbagai musik efek sehingga menjadikan suara yang keluar menjadi lebih baik lagi. Untuk mengaktifkan efek suara ini langsung saja menuju ke menu Setting > Sounds and vibration > Sound quality and effects.

9. Membuat Layar Tetap Menyala Meski tak Disentuh


Seringkali layar smartphone mati ketika beberapa lama tidak terjadi aktifitas.Hal itu bisa menghemat daya baterai tetapi jika kemudian pengguna sedang membaca ebook misalnya, maka hal itu bisa cukup mengganggu. Untungnya Samsung juga menyertakan fitur untuk mengatasi hal ini. Fitur pada Samsung yang bernama SmartStay ini akan membuat layar tetap menyala tanpa harus sering-sering menyentuh layar. Untuk mengaktifkannya, langsung ke menu Setting > Advanced features > SmartStay.

10. Mengkustomisasi Google Search di Home Screen


Panel Google Search mungkin tidak begitu penting bagi sebagian pengguna, tetapi jangan salah karena panel ini sangat berguna untuk melakukan pencarian cepat melalui Google. Pada Samsung Galaxy S9, tampilan panel Google Search bisa dirubah sesuai selera pengguna. Caranya sangat mudah yaitu cukup tap tiga bulatan kecil di ujung panel Google Search > Customize > have at it.

11. Mengaktifkan Screen Saver Ketika Smartphone sedang Diisi Ulang


Tampilan layar default Samsung Galaxy S9 ketika di-charging adalah hitam. Tetapi Samsung memberi fitur yang bisa menampilkan screen saver ketika smartphone sedang dalam kondisi baterai yang di-charge. Untuk mengaktifkannya, pilih menu Setting > Display > Pilih screen saver sesuai selera.

Itulah 11 fitur tersembunyi yang ada di smartphone terbaru Samsung Galaxy S9 yang bisa dicoba agar smartphone menjadi lebih personal dan berbeda dari smartphone lainnya.

1 comment: