3 Cara Jitu Menangkal Paparan Radiasi dari Smartphone - SFMedia

Breaking

Friday, January 4, 2019

3 Cara Jitu Menangkal Paparan Radiasi dari Smartphone

Smartphone, di satu sisi memberikan keuntungan dan kemudahan bagi manusia dalam beberapa hal, tetapi di sisi lain memiliki bahaya yang, jika tak diwaspadai akan berakibat buruk pada kesehatan manusia. Bahaya yang ditimbulkan smartphone ini, bisa diakibatkan oleh perilaku pengguna yang tidak memperhatikan peringatan penggunaan misalnya berjalan sambil mengoperasikan smartphone hingga menyetir kendaraan sambil memainkan smartphone. Kecelakaan fatal akibat perilaku tersebut sudah sering dijumpai di kehidupan sehari-hari.


Tetapi disamping perilaku pengguna, smartphone juga disebut-sebut memiliki sesuatu yang berbahaya. Adalah paparan radiasi radiofrekuensi energi elektromagnetik yang dikeluarkan smartphone. Paparan radiasi tersebut berbahaya jika diterima oleh manusia secara simultan dalam waktu yang lama karena mempengaruhi kesehatan manusia. Lalu bagaimana jika manusia sudah terlalu ketergantungan pada smartphone, adakah cara untuk menangkal atau minimal mengurangi paparan radiasi tersebut? Tentu saja ada, dan inilah tiga cara jitu untuk menangkal paparan radiasi yang berasal dari smartphone.

PERHATIKAN JARAK PERANGKAT
Jarak disini adalah antara pengguna dan smartphone-nya. Jarak yang terlalu dekat diyakini akan memberikan dampak yang lebih buruk kepada tubuh. Padahal, rata-rata jarak manusia mengoperasikan smartphone kurang lebih adalah sekitar setengah dari panjang lengan manusia. Sebagai pencegahan, memperlebar jarak antara anggota tubuh dengan perangkat adalah salah satu cara yang paling mudah. Menggunakan perangkat tambahan seperti headset bisa cukup membantu. Kemudian mengaktifkan loudspeaker ketika menelepon juga bisa membantu, meskipun harus memahami kondisi sekitar jika ingin mengaktifkan loudspeaker. Ketika tidur, sebisa mungkin gadget harus dijauhkan dari tubuh dan dalam kondisi mati.

WAKTU PENGGUNAAN PERANGKAT
Terlalu lama memandang layar gadget juga diyakini bisa memberikan dampak buruk terhadap kesehatan terutama mata. Untuk mencegah radiasi yang berlebihan, waktu yang digunakan untuk menggunakan gadget harus dibatasi. Jika memang mendesak, maka setiap beberapa jam mata harus diistirahatkan sejenak dari melihat layar gadget. Selain paparan radiasi, terlalu lama memandang layar gadget juga berpotensi besar merusak kesehatan mata.

PERHATIKAN DAYA PERANGKAT
Setiap perangkat memiliki kemampuan menangkap sinyal yang berbeda-beda. Ada yang mampu menangkap sinyal dengan baik, ada pula yang kurang baik. Ketika gadget berada di tempat yang sinyalnya kurang kuat, maka perangkat akan mengeluarkan daya yang lebih besar daripada di tempat yang sinyalnya kuat. Untuk mencegah konsumsi daya yang berlebihan ketika berada di tempat yang sinyalnya kurang kuat, maka bisa menggunakan cara ini; gunakan smartphone atau gadget hanya di tempat yang kekuatan sinyalnya baik. Lihat baik-baik indikator bar sinyal para perangkat. Lebih baik perangkat dimatikan jika berada di tempat yang sinyalnya lemah untuk menghindari konsumsi daya yang berlebihan.

Itulah tiga cara jitu yang bisa dilakukan untuk menangkal paparan radiasi yang dihasilkan oleh smartphone. Smartphone saat ini memang sudah menjadi bagian dari kebutuhan manusia, bahkan bagi beberapa kalangan smartphone adalah barang wajib yang harus dimiliki. Tetapi perlu diperhatikan tata cara penggunaan, resiko, dan segala hal yang berkaitan dengan penggunaan smartphone. 

No comments:

Post a Comment