Doogee Mix 3 - Smartphone Pertama Dengan Layar Full Bezel-less - SFMedia

Breaking

Thursday, April 5, 2018

Doogee Mix 3 - Smartphone Pertama Dengan Layar Full Bezel-less

Jika ada masih yang membuat penasaran bagi merk-merk smartphone populer macam Apple, Samsung, Huawei, dan lain-lainnya, itu mungkin adalah bagaimana membuat smartphone dengan layar yang benar-benar bezel-less. Vivo mungkin bisa dibilang inovatif dengan seri Apex-nya, tetapi entah kenapa inovasi Vivo ini belum ada yang mengembangkannya, seperti notch yang kemudian ramai-ramai dikembangkan oleh berbagai merk smartphone.


Memang tak bisa dipungkiri bahwa smartphone dengan layar full tanpa bezel terlihat lebih menarik dan premium. Tetapi hal itu juga terkendala dengan fakta bahwa konsumen smartphone saat ini membutuhkan kamera depan untuk aktifitas selfie mereka. 

Lubang speaker tentu bisa disiasati. Dengan dipindah di sisi atas misalnya. Tetapi bagaimana dengan kamera depan? Sekali lagi, Vivo meski inovatif dengan menciptakan kamera yang tersembunyi, yang akan muncul jika kamera depan diaktifkan (pop-up camera) nyatanya belum membuat merk smartphone lain meniru konsep yang sama. Hal ini menunjukkan bahwa konsep pop-up camera belum optimal.


Lalu apakah smartphone dengan layar penuh belum akan terwujud dalam waktu dekat?

Nampaknya tidak. Karena sebuah prototype smartphone yang memiliki layar full mencapai 99% telah muncul. Dan smartphone ini bukan smartphone yang dibuat oleh salah satu merk populer. Seperti yang dilansir dari Gizmochina, adalah Doogee yang berhasil menciptakan sebuah prototype - bukan hanya konsep lagi - smartphone yang benar-benar bezel-less.


Prototype Doogee Mix 3 - nama seri smartphone ini - muncul di akun Twitter Ben Geskin. Pada postingan tersebut terlihat bahwa smartphone ini memang benar-benar bezel-less. Dari depan tak terlihat adanya lubang speaker serta kamera. Sementara di bagian belakang, terdapat dua kamera yang terletak secara vertikal di bagian tengah. Tak ada sensor fingerprint di bagian belakang. Kemungkinan besar Doogee Mix 3 telah memiliki in-screen-fingerprint.


Lalu dimana kamera depannya?

Konsep untuk kamera depannya sebenarnya mirip dengan Vivo, yaitu menyembunyikannya. Tetapi Doogee tidak membuat pop-up camera melainkan mengusung konsep smartphone slide

Lebih inovatif, bukan?

Body-nya terbuat dari full aluminium dan terbilang cukup tipis untuk sebuah sliding-phone. Jadi, ketika pengguna ingin memakai kamera depan, pengguna harus menggeser layar ke bawah untuk memunculkan kamera depan. Secara umum, tampilan smartphone ini terlihat sangat menjanjikan meskipun ada beberapa hal yang masih menjadi pertanyaan.

Baca Juga
Desain Render Smartphone Terbaru Xiaomi Muncul, Tanpa Bezel
Smartphone ini Membuat Layar 18:9 Terlihat Kuno
Apple Berencana Hilangkan Notch pada iPhone X Edisi 2019

Sebagai alat komunikasi, tentu saja fungsi utamanya adalah untuk berkomunikasi dengan orang lain. Lalu dengan lubang speaker yang tersembunyi, apakah pengguna harus menggeser smartphone ini terlebih dahulu untuk bisa memanggil atau menerima panggilan telepon? Hal ini tentu telah dipikirkan oleh Doogee. 

Tetapi terlepas dari hal itu, belum ada informasi lain mengenai smartphone ini. Baik itu spesifikasi lengkapnya atau kapan final-design untuk smartphone ini akan dirilis mengingat Doogee Mix 3 ini masih berupa prototype. Jadi, tunggu saja.

Bagaimana, tertarik?

1 comment: